|
LEMBAR
KERJA
PENERAPAN
PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tugas
Kelompok
Peserta dibagi kelompok sesuai kondisi ( jumlah kelompok disarankan berkisar 5-8
orang ). Tugas : Diskusikan ciri -ciri pembelajaran yang menggunakan pendekatan
saintifik, dan hasilnya dipresentasikan
untuk ditanggapapi dan direspon oleh kelompok yang lain.
Tugas
Kelompok/Individu
·
Buatlah contoh penerapan pendekatan
saintifik dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan materi pada mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu, alokasi 45 s.d. 60 menit
·
Hasil
diskusi kelompok dipresentasikan dengan waktu 5 s.d. 10 menit, Untuk tugas individu dapat dilanjutkan / dikerjakan diluar
jam diklat dan hasilnya dikumpulkan kepada fasilitator
Format
Tugas
Sekolah : (diisi
untuk tugas individu)
Mata Pelajaran :
………………………………………….
Kelas / Semester : …………………………………………
Materi Pokok : …………………………………………
Alokasi Waktu : …………………………………………
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator PencapaianKompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
…………………………………………………...................................
2.
………………………………………………………...........................
3.
………………………………………………………………................
4.
………………………………………………………………………….
|
C. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Langkah pembelajaran harus meliputi : Kegiatan pendahuluan untuk
mempersiapkan peserta secara pisik dan psikis secara kontektual, Kegiatan inti dilakukan dengan
pendekatan saintifik yang mencakup :
pengmatan , menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasi, dan mengkomunikasikan,
serta Kegiatan penutup harus
meliputi : rangkuman dan umpan balik
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
Tidak perlu
diisi
|
Inti
|
|
|
Penutup
|
|
|
|
LEMBAR KERJA
PENERAPAN STRATEGI DISCOVERY
LEARNING DALAM KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Tugas
Kelompok
Peserta dibagi kelompok sesuai kondisi ( jumlah kelompok disarankan berkisar 5-8
orang ). Tugas: Diskusikan ciri-ciri
pembelajaran yang menggunakan strategi discovery
learning dan hasilnya dipresentasikan untuk ditanggapapi dan direspon oleh
kelompok yang lain.
Tugas
Kelompok/Individu
·
Buatlah contoh penerapan pendekatan discovery
learning dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan materi pada mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu, alokasi 45 s.d. 60 menit .
·
Pembagian
kelompok didasarkan pada jenjang satuan pendidikan ( kelompok SD , SMP , SMA ,
dan kelompok SMK ) untuk keseragaman
dan menyamakan pemahaman terhadap ruang
lingkup substansi yang diskusikan.
·
Hasil
diskusi kelompok dipresentasikan dengan waktu 5 s.d. 10 menit, Untuk tugas individu dapat dilanjutkan / dikerjakan diluar
jam diklat dan hasilnya dikumpulkan kepada fasilitator
Format Tugas
Sekolah :
(diisi untuk tugas individu)
Mata Pelajaran :
................................
Kelas/Semester :.................................
Materi Pokok : …………………….
Alokasi Waktu :
…………………….
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1.
|
|
|
2.1.
|
|
|
3. 1.
|
|
|
4.1.
|
|
|
- Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah pembelajaran harus meliputi : Kegiatan pendahuluan untuk mempersiapkan
peserta
secara pisik dan psikis secara kontektual, Kegiatan inti dilakukan dengan pendekatan saintifik yang mencakup : pengamatan , menanya,
mengumpulkan informasi,mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, serta Kegiatan penutup harus meliputi :
rangkuman dan umpan balik
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
Tidak perlu diisi
|
Inti
|
|
|
Penutup
|
|
|
|
LEMBAR KERJA
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tugas
Kelompok
Peserta dibagi kelompok sesuai kondisi ( jumlah kelompok disarankan berkisar 5-8
orang ). Tugas: Diskusikan ciri-ciri
pembelajaran yang menggunakan strategi project
based learning dan hasilnya
dipresentasikan untuk ditanggapapi dan direspon oleh kelompok yang lain
Tugas
Kelompok/Individu
·
Buatlah contoh penerapan pendekatan berbasis proyek (project
based learning) dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan materi pada mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu, alokasi 45 s.d. 60 menit
·
Pembagian
kelompok didasarkan pada jenjang satuan pendidikan ( kelompok SD , SMP , SMA ,
dan kelompok SMK ) untuk keseragaman
dan menyamakan pemahaman terhadap ruang
lingkup substansi yang diskusikan
·
Hasil
diskusi kelompok dipresentasikan dengan waktu 5 s.d. 10 menit, Untuk tugas individu dapat dilanjutkan / dikerjakan diluar
jam diklat dan hasilnya dikumpulkan kepada fasilitator
Format
Tugas.
Satuan Pendidikan :
(diisi untuk tugas individu)
Mata Pelajaran :
................................
Kelas/Semester :.................................
Materi Pokok : …………………….
Alokasi Waktu :
…………………….
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1.
|
|
|
2.1.
|
|
|
3. 1.
|
|
|
4. 1.
|
|
|
- Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah pembelajaran harus meliputi : Kegiatan pendahuluan untuk
mempersiapkan peserta secara pisik dan psikis secara kontektual, Kegiatan inti dilakukan dengan
pendekatan saintifik yang mencakup :
pengamatan , menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasi, dan
mengkomunikasikan, serta Kegiatan
penutup harus meliputi : rangkuman dan umpan balik
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
Tidak perlu diisi
|
Inti
|
|
|
Penutup
|
|
|
|
LEMBAR KERJA
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tugas
Kelompok
Peserta dibagi kelompok sesuai kondisi ( jumlah kelompok disarankan berkisar 5-8
orang ). Tugas: Diskusikan ciri-ciri pembelajaran yang menggunakan strategi problem based learning dan hasilnya dipresentasikan untuk
ditanggapapi dan direspon oleh kelompok yang lain.
Tugas
Kelompok/Individu
·
Buatlah contoh penerapan pendekatan problem based learning
dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan
materi pada mata pelajaran yang Bapak/Ibu
ampu, alokasi 45 s.d. 60 menit
·
Pembagian kelompok didasarkan pada jenjang
satuan pendidikan ( kelompok SD , SMP , SMA , dan kelompok SMK ) untuk keseragaman dan menyamakan pemahaman terhadap ruang lingkup
substansi yang diskusikan
·
Hasil
diskusi kelompok dipresentasikan dengan waktu 5 s.d. 10 menit, Untuk tugas individu dapat dilanjutkan / dikerjakan diluar
jam diklat dan hasilnya dikumpulkan kepada fasilitator
Format
Tugas
Sekolah : (diisi untuk tugas individu)
Mata Pelajaran :
................................
Kelas/Semester :.................................
Materi Pokok : …………………….
Alokasi Waktu :
…………………….
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1.
|
|
|
2.1.
|
|
|
3. 1.
|
|
|
4.1.
|
|
|
- Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah pembelajaran harus meliputi : Kegiatan pendahuluan untuk
mempersiapkan peserta secara pisik dan psikis secara kontektual, Kegiatan inti dilakukan dengan pendekatan
saintifik yang mencakup : pengamatan ,
menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, serta Kegiatan penutup harus meliputi :
rangkuman dan umpan balik
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
Tidak perlu diisi
|
Inti
|
.
|
|
Penutup
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar