Jumat, 08 Desember 2017

LEMBAR KERJA PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

LK  3a -1
 
LEMBAR KERJA

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN


Tugas Kelompok
Peserta dibagi kelompok sesuai kondisi  ( jumlah kelompok disarankan berkisar 5-8 orang ). Tugas  :  Diskusikan ciri -ciri  pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik,  dan hasilnya dipresentasikan untuk ditanggapapi dan direspon oleh kelompok yang lain.  
Tugas Kelompok/Individu
·      Buatlah contoh penerapan pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan materi pada mata pelajaran yang  Bapak/Ibu ampu, alokasi 45 s.d. 60 menit
·      Hasil diskusi kelompok dipresentasikan dengan waktu 5 s.d. 10 menit, Untuk tugas  individu dapat dilanjutkan / dikerjakan diluar jam diklat dan hasilnya dikumpulkan kepada fasilitator
Format Tugas
Sekolah                                         :  (diisi untuk tugas individu)
Mata Pelajaran                            : ………………………………………….
Kelas / Semester                         :  …………………………………………
Materi Pokok                               :  …………………………………………
Alokasi Waktu                             :  …………………………………………

A.    Kompetensi Dasar dan Indikator PencapaianKompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi















B.     Tujuan Pembelajaran:

1.      …………………………………………………...................................
2.      ………………………………………………………...........................
3.      ………………………………………………………………................
4.      ………………………………………………………………………….


C.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah pembelajaran harus meliputi : Kegiatan pendahuluan untuk mempersiapkan  peserta  secara pisik dan psikis secara kontektual, Kegiatan inti dilakukan dengan pendekatan saintifik  yang mencakup : pengmatan , menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, serta Kegiatan penutup harus meliputi : rangkuman dan umpan balik

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  • …………………………………..
  • ………………………………….
  • …………………………………..
Tidak  perlu diisi
Inti
  • ………………………………….
  • …………………………………
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….

Penutup
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….







LK  3a -2
 
LEMBAR KERJA
PENERAPAN STRATEGI  DISCOVERY LEARNING DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tugas Kelompok
Peserta dibagi kelompok sesuai kondisi  ( jumlah kelompok disarankan berkisar 5-8 orang ).  Tugas: Diskusikan ciri-ciri pembelajaran yang menggunakan strategi discovery learning dan hasilnya dipresentasikan untuk ditanggapapi dan direspon oleh kelompok yang lain.
Tugas Kelompok/Individu
·      Buatlah contoh penerapan pendekatan discovery learning dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan materi pada mata pelajaran yang  Bapak/Ibu ampu, alokasi 45 s.d. 60 menit .
·      Pembagian kelompok didasarkan pada jenjang satuan pendidikan ( kelompok SD , SMP , SMA , dan  kelompok SMK ) untuk keseragaman dan  menyamakan pemahaman terhadap ruang lingkup substansi yang diskusikan.
·      Hasil diskusi kelompok dipresentasikan dengan waktu 5 s.d. 10 menit, Untuk tugas  individu dapat dilanjutkan / dikerjakan diluar jam diklat dan hasilnya dikumpulkan kepada fasilitator
Format Tugas
Sekolah                                        : (diisi untuk tugas individu)
Mata Pelajaran                             : ................................
Kelas/Semester                             :.................................
Materi Pokok                                : …………………….
Alokasi Waktu                             : …………………….

A.    Kompetensi Dasar  dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.


2.1.


3. 1.


4.1.


  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah pembelajaran harus meliputi : Kegiatan pendahuluan untuk mempersiapkan  peserta  secara pisik dan psikis secara kontektual, Kegiatan inti dilakukan dengan pendekatan saintifik  yang mencakup : pengamatan , menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, serta Kegiatan penutup harus meliputi : rangkuman dan umpan balik

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  • …………………………………..
  • ………………………………….
  • …………………………………..
Tidak perlu diisi
Inti
  • ………………………………….
  • …………………………………
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….

Penutup
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….





           







LK  3a-3
 
LEMBAR KERJA

PENERAPAN STRATEGI  PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN


Tugas Kelompok
Peserta dibagi kelompok sesuai kondisi  ( jumlah kelompok disarankan berkisar 5-8 orang ).  Tugas: Diskusikan ciri-ciri pembelajaran yang menggunakan strategi project based learning  dan hasilnya dipresentasikan untuk ditanggapapi dan direspon oleh kelompok yang lain
Tugas Kelompok/Individu
·      Buatlah contoh penerapan pendekatan berbasis proyek (project based learning)  dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan materi pada mata pelajaran yang  Bapak/Ibu ampu, alokasi 45 s.d. 60 menit
·      Pembagian kelompok didasarkan pada jenjang satuan pendidikan ( kelompok SD , SMP , SMA , dan  kelompok SMK ) untuk keseragaman dan  menyamakan pemahaman terhadap ruang lingkup substansi yang diskusikan
·      Hasil diskusi kelompok dipresentasikan dengan waktu 5 s.d. 10 menit, Untuk tugas  individu dapat dilanjutkan / dikerjakan diluar jam diklat dan hasilnya dikumpulkan kepada fasilitator

Format Tugas.

Satuan Pendidikan                  : (diisi untuk tugas individu)
Mata Pelajaran                         : ................................
Kelas/Semester                        :.................................
Materi Pokok                           : …………………….
Alokasi Waktu                        : …………………….

A.    Kompetensi Dasar  dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.


2.1.


3. 1.


4. 1.




  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah pembelajaran harus meliputi : Kegiatan pendahuluan untuk mempersiapkan  peserta  secara pisik dan psikis secara kontektual, Kegiatan inti dilakukan dengan pendekatan saintifik  yang mencakup : pengamatan , menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, serta Kegiatan penutup harus meliputi : rangkuman dan umpan balik

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  • …………………………………..
  • ………………………………….
  • …………………………………..
Tidak perlu diisi
Inti
  • ………………………………….
  • …………………………………
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….

Penutup
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….







LK  3a-4
 
LEMBAR KERJA

PENERAPAN STRATEGI  PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN


Tugas Kelompok
Peserta dibagi kelompok sesuai kondisi  ( jumlah kelompok disarankan berkisar 5-8 orang ). Tugas: Diskusikan ciri-ciri pembelajaran yang menggunakan strategi problem based learning  dan hasilnya dipresentasikan untuk ditanggapapi dan direspon oleh kelompok yang lain.

Tugas Kelompok/Individu
·      Buatlah contoh penerapan pendekatan problem based learning dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan materi pada mata pelajaran yang  Bapak/Ibu ampu, alokasi 45 s.d. 60 menit
·       Pembagian kelompok didasarkan pada jenjang satuan pendidikan ( kelompok SD , SMP , SMA , dan  kelompok SMK ) untuk keseragaman dan  menyamakan pemahaman terhadap ruang lingkup substansi yang diskusikan
·      Hasil diskusi kelompok dipresentasikan dengan waktu 5 s.d. 10 menit, Untuk tugas  individu dapat dilanjutkan / dikerjakan diluar jam diklat dan hasilnya dikumpulkan kepada fasilitator

Format Tugas

Sekolah                                      : (diisi untuk tugas individu)
Mata Pelajaran                           : ................................
Kelas/Semester                          :.................................
Materi Pokok                             : …………………….
Alokasi Waktu                           : …………………….

A.    Kompetensi Dasar  dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.


2.1.


3. 1.


4.1.




  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah pembelajaran harus meliputi : Kegiatan pendahuluan untuk mempersiapkan  peserta  secara pisik dan psikis secara kontektual, Kegiatan inti dilakukan dengan pendekatan saintifik  yang mencakup : pengamatan , menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, serta Kegiatan penutup harus meliputi : rangkuman dan umpan balik


Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  • …………………………………..
  • ………………………………….
  • …………………………………..
Tidak perlu diisi
Inti
  • ………………………………….
  • …………………………………
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • …………………………………

.

Penutup
  • ………………………………….
  • ………………………………….
  • ……………………………………………………………………





Tidak ada komentar:

Posting Komentar