SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA DAN MA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
-
-
|
||||
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan
sosial, ingkungan, dan kebijakan publik
|
|||||
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
-
|
||||
2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi
|
|||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
-
|
||||
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung
jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan
tahapan dan langkah yang telah ditentukan
|
|||||
2.4
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan,
dan kewirausahaan
|
|||||
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli,
santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan
publik
|
|||||
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun
tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks anekdot
· Pengenalan ciri bahasa teks anekdot
· Pemahaman isi teks anekdot
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anekdot
· Pemahaman isi teks anekdot
|
Mengamati
·
membaca contoh teks anekdot
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
·
membaca contoh teks anekdot yang
lain
Menanya
·
mempertanyakan
struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
· membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks anekdot
Mengeksplorasi
·
menemukan struktur isi teks anekdot (abstrak,
orientasi, krisis, respon, coda)
·
menemukan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris,
proses material, dan konjungsi temporal)
· menjelaskan makna kata, istilah,
ungkapan dalam teks anekdot
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan
struktur isi (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda) dan ciri bahasa teks
anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal)
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan teks
anedot dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
Mengomunikasikan
·
mengomunikasikan dan
saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan
antarkelompok
·
mempresentasikan makna kata, istilah, ungkapan teks
anedot dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks anekdot
·
secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna
teks anekdot baik secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks anekdot
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB), KEMDIKBUD
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot
baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks anekdot baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks anekdot
·
Langkah-langkah penulisan teks anekdot (mengamati, menemukan topik, mengembangkan
sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
membaca dua
teks anekdot
·
mengamati peristiwa/kejadian yang unik atau
aneh
Menanya
·
mempertanyakan persamaan dan perbedaan dua teks anekdot
·
membuat pertanyaan tentang peristiwa unik atau aneh yang diamati
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi persamaan struktur isi dua
teks anedot yang dibaca
·
mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua
teks anedot yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks anedot yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua
teks anedot yang dibaca
·
membuat teks anekdot sesuai dengan struktur
isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda), ciri bahasa (pertanyaan retoris, proses material,
konjungsi temporal), dan kelucuan
Mengasoasiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan dua teks anekdot
·
mencari hubungan antara topik dengan struktur isi teks anekdot
Mengomunikasikan
·
menjelaskan persamaan dan perbedaan dua teks anekdot
·
membacakan teks anekdot dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat dan saling memberikan komentar
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan
perbedaan dua buah teks anekdot yang dibaca.
·
secara individual peserta didik diminta memproduksi teks
anekdot yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks anekdot
yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
anekdot yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.2
Memproduksi teks anekdot baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks anekdot
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks anekdot
·
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
membaca teks anekdot
·
membaca teks anekdot yang ditulis teman
Menanya
·
mempertanyakan
isi teks anekdot
·
mempertanyakan struktur dan kaidah teks anekdot
Mengeksplorasi
·
menganalisis isi teks anekdot
(aspek kelucuan,
sindiran, dan pengandaian) dengan
cermat
·
menganalisis
bahasa teks anekdot
(pilihan kata, gaya bahasa, dan konjungsi ) dengan cermat
·
menyunting teks yang ditulis teman dari aspek struktur isi
dan bahasa teks anekdot dengan cermat
· memperbaiki teks anekdot berdasarkan hasil suntingan
Mengasosiasi
·
membandingkan hasil
analisis dan saling melengkapi untuk mencari kebenaran
·
menemukan dan menyimpulkan struktur dan kaidah teks anekdot yang
baik
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil analisis dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
membacakan teks anekdot dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat
·
mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks anekdot
yang dibacakan teman/kelompok lain dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks anekdot
·
secara individual peserta didik diminta menyunting teks
anekdot sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks anekdot
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
anekdot sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.3 Menyunting
teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks anekdot secara lisan maupun tulisan
|
· Identifikasi karakteristik teks anekdot
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksposisi
|
Mengamati
·
membaca contoh teks enekdot
Menanya
·
mempertanyakan garis besar (abstraksi) teks anekdot yang dibaca
Mengekplorasi
·
mengidentifikasi ciri-ciri teks anekdot
·
menuliskan garis besar isi (abstraksi) teks anekdot dalam beberapa kalimat secara terpadu
Mengasosiasi
·
membandingkan garis besar isi (abstraksi) anekdot antarsiswa
untuk mencari yang terbaik
Mengkomunikasikan
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks cerita sejarah
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
· mempres entasikan abstraksi teks aneknod yang
terbaik
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks anekdot
·
secara individual peserta didik diminta menyunting teks
anekdot sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks anekdot
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
anekdot sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.4 Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks anekdot
·
Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek
|
Mengamati
·
membaca contoh hasil evaluasi
(kekurangan/kelebihan) struktur isi dan
bahasa teks anekdot
·
membaca contoh teks anekdot dan memahami isinya
Menanya
·
mempertanyakan contoh hasil evaluasi
(kekurangan/kelebihan) struktur isi dan
bahasa teks anekdot
·
mempertanyakanisi teks anekdot yang dibaca
Mengeksplorasi
·
membaca contoh teks anekdot
·
mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot
dengan cermat
·
menulis ulang teks anekdot dalam bentuk uraian monolog
·
membuat naskah drama pendek (untuk 10 menit) yang
berisi kritik sosial dengan memperhatikan
struktur teks anekdot: abstraksi^orientasi^
krisis^reaksi^koda.
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan teman atau kelompok lain
·
mencari kesesuaian antara teks anekdot dengan
tulisan cerita ulang teks anekdot
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan
rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
Memeragakan/mementaskan
hasil konversi teks anekdot
·
Mengomentari pementasan teks anekdot
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah
penulisan teks anekdot
·
secara individual peserta didik diminta mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks anekdot
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.5 Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks eksposisi
· Pemahaman isi teks eksposisi
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
· Pemahaman isi teks eksposisi
|
Mengamati
·
membaca contoh teks eksposisi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur isi teks eksposisi (judul,
klasifikasi umum, dan deskripsi)
Menanya
·
mempertanyakan
struktur isi teks eksposisi (judul,
klasifikasi umum, dan deskripsi) yang dibaca dan diamati
· membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksposisi
Mengeksplorasi
· menemukan
ciri bahasa teks eksposisi (misalnya penggklasifikasian benda-benda, proses pembentukan kata,
penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat)
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi
teks eksposisi (judul,
klasifikasi umum, dan deskripsi) dan ciri bahasa teks eksposisi (misalnya penggklasifikasian benda-benda, proses pembentukan kata,
penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat)
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, dan isi teks
eksposisi dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
Mengkomunikasikan
·
membacakan hasil diskusi tentang struktur isi teks eksposisi
·
mempresentasikan makna kata, istilah, dan isi teks
eksposisi
dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan
kaidah teks eksposisi secara individual peserta didik diminta
·
menginterpretasi
makna
teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks eksposisi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks eksposisi baik
secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Learning English through
General Science,
1984:29
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.1 Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksposisi
·
Langkah-langkah penulisan teks
eksposisi sesuai dengan struktur isi
(menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi) dan ciri bahasa
|
Mengamati
·
membaca dua teks eksposisi
Menanya
·
mempertanyakan isi kedua teks eksposisi
·
menyusun pertanyaan terhadap objek yang diamati
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi persamaan struktur isi dua
teks eksposisi yang dibaca
·
mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks laporan hasil observasi yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks eksposisi yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks eksposisi yang dibaca
·
menulis teks eksposisi berdasarkan langkah-langkah penulisan teks eksposisi sesuai dengan
struktur isi teks (menentukan judul, menuliskan
klasifikasi umum, menuliskan deskripsi)
Mengasosiasi
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua teks eksposisi dalam diskusi
kelas
·
mendiskusikan dan menyimpulkan teks eksposisi berdasarkan langkah-langkah penulisan teks
eksposisi sesuai dengan struktur isi teks (menentukan judul, menuliskan
klasifikasi umum, menuliskan deskripsi)
Mengkomunikasikan
·
menjelaskan persamaan dan perbedaan kedua teks berdasarkan hasil
diskusi kelas
·
menyajikan teks eksposisi yang ditulis
·
menanggapi /mengomentari penyajian teks
eksposisi dari setiap kelompok
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan
perbedaan dua buah teks eksposisi yang dibaca.
·
secara individual peserta didik diminta memproduksi teks
eksposisi yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
eksposisi yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4..2 Memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks
eksposisi
·
Analisis bahasa teks eksposisi
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
·
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
· membaca teks eksposisi
·
membaca teks eksposisi yang ditulis teman
Menanya
· mempertanyakan
isi teks eksposisi yang dibaca
·
mempertanyakan isi teks eksposisi yang ditulis teman
Mengekplorasi
· menganalisis isi teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi) dengan
cermat
·
menganalisis
bahasa teks eksposisi (pilihan kata/istilah, gaya bahasa, dan
konjungsi ) dengan cermat
·
menyunting teks eksposisi yang ditulis teman dari aspek
struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat
· memperbaiki teks eksposisi berdasarkan hasil suntingan
Mengasosiasi
·
membandingkan hasil
analisis dengan hasil analisis teman untuk menemulan hasil analisis terbaik
· Mendiskusikan
dan menyimpulkan hasil penyuntingan dengan penulis/teman yang menulis
Mengkomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil analisis dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
· mengirimkan teks
eksposisi kepada penerbit
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks eksposisi
·
secara individual peserta didik diminta menyunting teks eksposisi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks eksposisi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks berita sesuai dengan
struktur dan kaidah teks eksposisi
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Teks berjudul “ Sistem Peredaran Darah Manusia” diadaptasi dari Reading
and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14
|
4.3 Menyunting teks eksposisi sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi karakteristik teks eksposisi
·
Langkah-langkah
membuat abstraksi teks eksposisi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik teks
eksposisi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks eksposisi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik
teks eksposisi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks eksposisi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks eksposisi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks eksposisi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi
teks cerita sejarah secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks eksposisi
·
secara individual peserta didik diminta menyunting teksberita
sesuai dengan struktur dan kaidah teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks eksposisi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
eksposisi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.4 Mengabstraksi teks eksposisi baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
melalui lisan maupun tulisan
|
.
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks eksposisi
·
Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks eksposisi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks eksposisi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi
teks eksposisi ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah
penulisan teks eksposisi
·
secara individual peserta didik diminta mengonversi teks beritake
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks eksposisi baik secara lisan
maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks berita
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Teks berjudul “”Harimau”diadaptasi
darii
|
4.5 Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan
maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks laporan hasil observasi
· Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
· Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks laporan hasil
observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi
makna
teks laporan hasil observasi
baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan
kaidah teks laporan hasil
observasi
·
secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna
teks laporan hasil observasi baik secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil
observasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks laporan hasil observasi,
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Learning English through
General Science, 1984:29
|
4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2
Membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks laporan hasil observasi
·
Langkah-langkah
penulisan teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur isi (pernyataan pendapat,
penegasan ulang pendapat, dan jumlah argumentasi) dan ciri bahasa
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks laporan hasil observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks
laporan hasil observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang
dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang
dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang
dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan
perbedaan dua buah teks laporan hasil
observasi yang dibaca.
·
secara individual peserta didik diminta memproduksi teks
laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks laporan
hasil observasi yang
dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
laporan hasil observasi
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4..2
Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks
yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks laporan hasil observasi
·
Analisis bahasa teks laporan hasil observasi
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil
observasi
·
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks laporan hasil
observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks laporan hasil observasi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
secara individual peserta didik diminta menyunting teks berita sesuai
dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi
baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil
observasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Teks berjudul “ Sistem
Peredaran Darah Manusia” diadaptasi
dari Reading and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14
|
4.3
Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks laporan hasil observasi
·
Langkah-langkah
membuat abstraksi teks laporan hasil observasi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik teks laporan hasil observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik
teks laporan hasil observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks laporan hasil observasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks laporan hasil observasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi
teks laporan hasil observasi
secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
secara individual peserta didik diminta menyunting teks
iklan sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil
observasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.4
Mengabstraksi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
.
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks laporan hasil laporan hasil observasi
·
Langkah- langkah
konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah
konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi
teks laporan hasil observasi
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi
·
secara individual peserta didik diminta mengonversi teks iklan ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Teks berjudul “”Harimau”diadaptasi darii
|
4.5
Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas/Semester : X/Genap
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
·
|
||||
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan
sosial, ingkungan, dan kebijakan publik
|
|||||
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
·
|
||||
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi
|
|||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
·
|
||||
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
|
|||||
2.4
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan,
dan kewirausahaan
|
·
|
||||
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli,
santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan
publik
|
·
|
||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks baik melalui
lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks
prosedur kompleks
· Pengenalan ciri bahasa teks prosedur
kompleks
· Pemahaman isi teks prosedur kompleks
· Makna kata, istilah dalam teks prosedur kompleks
· Pemahaman isi teks prosedur kompleks
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks prosedur kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur
dan kaidah teks prosedur kompleks
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi
makna
teks prosedur kompleks baik secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks prosedur kompleks
·
secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik
secara lisan maupun tulis
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks prosedur kompleks,
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks prosedur kompleks, baik melalui lisan
maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks prosedur kompleks
·
Langkah-langkah penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri
bahasa)
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks prosedur kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks
prosedur kompleks
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang
dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang
dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang
dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks prosedur kompleks
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan
perbedaan dua buah teks prosedur
kompleks
yang dibaca.
·
secara individual peserta didik diminta memproduksi teks
prosedur kompleks yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks prosedur
kompleks yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
prosedur kompleks yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks editorial/ opini baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4.2 Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks
prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks prosedur kompleks
·
Analisis bahasa teks prosedur kompleks
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
·
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks prosedur kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur
dan kaidah teks prosedur kompleks
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks prosedur kompleks
·
secara individual peserta didik diminta menyunting teks prosedur kompleks sesuai
dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks prosedur kompleks
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4.3 Menyunting
teks prosedur
kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun
tulisan
|
· Identifikasi karakteristik teks prosedure kompleks
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks prosedur kompleks
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks prosedur kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks prosedur kompleks
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik
teks prosedur kompleks
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks prosedur kompleks
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks prosedur kompleks
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks prosedur kompleks
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi
teks prosedur kompleks secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks prosedur kompleks
·
secara individual peserta didik diminta menyunting teks
prosedur kompleks sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
prosedur kompleks sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
4.4 Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks prosedur kompleks berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks prosedur kompleks
·
Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi
teks prosedur kompleks ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks
·
secara individual peserta didik diminta mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4. 5
Mengonversi teks prosedur kompleks ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks negosiasi
·
Pengenalan ciri
bahasa teks negosiasi
·
Pemahaman isi teks negosiasi
·
Makna kata, istilah,
ungkapan dalam teks negosiasi
·
Pemahaman isi teks negosiasi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks negosiasi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks negosiasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks negosiasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks negosiasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi
makna
teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan
kaidah teks negosiasi
·
secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna
teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks negosiasi, baik
secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
4.1 Menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks negosiasi,
baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks negosiasi
· Langkah-langkah penulisan teks negosiasi sesuai dengan struktur isi (dan ciri bahasa
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks negosiasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks
negosiasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan
perbedaan dua buah teks negosiasi yang
dibaca.
·
secara individual peserta didik diminta memproduksi teks
negosiasi yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks negosiasi
yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
negosiasi yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
·
Contoh
teks negosiasi dari internet
|
3.3 Menganalisis teks
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi negosiasi Analisis bahasa teks negosiasi
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
·
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur struktur bahasa
teks negosiasi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks negosiasi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks negosiasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks negosiasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks negosiasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks negosiasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks negosiasi
·
secara individual peserta didik diminta menyunting teks negosiasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks negosiasi sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
4.3 Menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi karakteristik teks negosiasi
·
Langkah-langkah
membuat abstraksi struktur isi teks negosiasi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks negosiasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks negosiasi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik
teks negosiasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks negosiasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks negosiasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks negosiasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi
teks negosiasi secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur
dan kaidah teks negosiasi
·
secara individual peserta didik diminta menyunting teks
novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
negosiasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
4.4 Mengabstraksi teks negosiasi baik secara lisan maupun
tulisa
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks negosiasi
·
Langkah- langkah konversi teks negosiasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks negosiasi menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi
teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi
·
secara individual peserta didik diminta mengonversi teks i negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
4. 5 Mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar