SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA SMA DAN MA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas :
XI (Ganjil)
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
|
|||||
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis
informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami
dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan
publik
|
|||||
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama
|
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku jujur,
tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal
(terorisme)
|
|||||
2.4 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks
cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks cerita pendek
· Pengenalan ciri bahasa
teks cerita pendek
· Pemahaman isi teks
cerpen
· Interpretasi isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks cerita pendek
|
Mengamati
· membaca
contoh teks cerita pendek mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerpen (abstrak,
orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi, dan koda)
· membaca contoh teks cerita pendek yang lain
Mempertanyakan
· mempertanyakan uraian
yang berkaitan dengan struktur isi teks cerpen yang dibaca
·
membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerita pendek
Mengeksplorasi
· menemukan struktur isi teks cerita pendek
·
menemukan ciri
bahasa teks cerita pendek
·
mendiskusikan
hasil temuan terkait dengan struktur isi
dan ciri bahasa teks cerita
pendek
·
mendiskusikan isi,
unsur intrinsik, unsur ekstrinsik dalam teks
cerita pendek
Mengasosiasi
·
Mencari
hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek
·
Mendiskusikan
hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek
·
menyimpulkan isi,
unsur intrinsik, unsur ekstrinsik teks cerita pendek dalam
diskusi kelas dengan saling menghargai
Mengkomunikasikan
·
Menjelaskan
struktur isi dan ciri bahasa teks cerita pendek
·
saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan
teman/kelompok
·
mempresentasikan isi, unsur
intrinsik, unsur ekstrinsik teks cerita pendek dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek
·
secara individual peserta
didik diminta menginterpretasi makna teks cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita pendek
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks cerita pendek baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
Media massa
·
Buku
kumpulan cerpen
·
Buku
yang berkaitan dengan genre teks
|
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita
pendek, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2
Membandingkan teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbe-daan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita pendek
·
Langkah-langkah penulisan teks cerita pendek (menggali pengalaman,
menemukan topik, mengembangkan topik sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa), dll.
|
Mengamati
·
membaca dua teks cerita pendek
·
menggali
pengalaman, peristiwa/kejadian
Mempertanyakan
· mempertanyakan
struktur isi dan cirri bahasa kedua teks cerita pendek
· mempertanyakan
topik pengalaman, peristiwa/kejadian yang digali
Mengeksplorasi
· mengidentifikasi persamaan struktur isi dua
teks cerita pendek yang dibaca
·
mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks cerita pendek yang dibaca
· mengidentifikasi perbedaan
struktur isi dua buah teks cerita pendek yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua buah teks cerita pendek yang dibaca
·
menentukan topik teks cerita pendek sesuai
pengalaman,
kejadian, atau peristiwa dengan cermat
·
membuat teks cerita pendek sesuai dengan struktur isi
teks cerita pendek , ciri bahasa (pertanyaan
retoris, proses material, konjungsi temporal), dan unsur intrinsik dan
unsur ekstrinsik
Mengasosiasi
·
mendiskusikandan menyimpulkan persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek dalam diskusi kelas
·
mendiskusikan
dan menyimpulkan cerita pendek yang dibuat
Mengomunikasikan
·
menjelaskan
persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua cerita pendek
·
membacakan hasil diskusi teks cerita pendek dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
·
secara individual peserta
didik diminta memproduksi teks cerita pendek yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
Tes tertulis :
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks cerita
sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media
massa
· buku
kumpulan cerpen
· Buku yang
berkaitan dengan genre teks
|
4.2
Memproduksi teks cerita pendek, yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Analisis isi teks cerita pendek
·
Analisis bahasa teks cerita pendek
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur
isi teks cerita pendek
·
Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
membaca teks cerita pendek
·
membaca teks cerita pendek yang
ditulis teman
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
isi teks cerita pendek
Mengeksplrorasi
·
menganalisis isi
teks cerita
pendek
(struktur,
unsur intrintrinsik, ekstrinsik)
dengan cermat
·
menganalisis
bahasa teks
cerita pendek
(pilihan kata, gaya bahasa, dan konjungsi ) dengan cermat
·
menyunting teks cerita pendek
yang ditulis teman dari aspek struktur isi dengan cermat
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil analisis terhadap cerita pendek
·
memperbaiki teks cerita
pendek
berdasarkan hasil suntingan
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil analisis dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
membacakan teks cerita
pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
·
mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita
pendek yang dibacakan dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi
untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek
·
secara individual peserta
didik diminta menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita pendek
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita pendek
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
Media massa
·
buku kumpulan cerpen
·
Buku
yang berkaitan dengan genre teks
|
4.3
Menyunting teks cerita pendek, sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4. Mengidentifikasi teks cerpen baik
secara lisan maupun tertulis
|
· Karakteristik teks cerpen
· Langkah-langkah membuat abstraksi
teks cerita pendek
|
Mengamati
·
membaca contoh teks cerita pendek
·
membaca teks tentang karakteristik teks cerita
sejarah
·
mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks cerita sejarah
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
isi teks cerita pendek yang dibaca
·
mempertanyakan
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
menuliskan garis besar isi teks cerita pendek
(abstraksi) dalam beberapa kalimat
secara terpadu
·
Mencari
dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks cerpen
Mengasosiasi
·
mendiskusikan
dan menyimpulkan abstraksi cerita pendek yang telah ditulis
Mengomunikasikan
·
menuliskan
karakteristik cerpen
·
mempresentasikan
abstraksi teks cerita pendek
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek
·
secara individual peserta
didik diminta menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita pendek
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita pendek
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
Media massa
·
buku kumpulan cerpen
·
Buku
yang berkaitan dengan genre teks
|
4.4
Mengabstraksi teks cerita pendek, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks cerita pendek, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
· Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita pendek
· Langkah- langkah konversi
teks cerita pendek menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek
|
Mengamati
·
membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek
·
Membaca
contoh cerita ulang teks cerita pendek
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek yang
dibaca
·
Mempertanyakan
contoh cerita ulang teks cerita pendek yang dibaca
Mengeksplorasi
·
membaca contoh
teks cerita
pendek yang
lain
·
mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek dengan
cermat
·
menulis ulang teks
cerita pendek dalam bentuk
drama
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil evaluasi terhadap cerita pendek dari aspek struktur isi
dan bahasa
·
mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita pendek
yang ditulis ulang
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks cerita pendek dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks cerita pendek
·
secara individual peserta
didik diminta mengonversi teks cerita pendek ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks cerita
pendek
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks cerita pendek ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media
massa
· buku
kumpulan cerpen
· Buku yang
berkaitan dengan genre teks
|
4.5
Mengonversi teks cerita pendek, ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami struktur
dan kaidah teks pantun, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks pantun
·
Pengenalan ciri bahasa teks pantun
·
Pemahaman isi teks pantun
|
Mengamati
·
membaca contoh
teks pantun
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
uraian yang berkaitan dengan
struktur isi teks pantun (sampiran,
isi, sajak abab)
·
membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks pantun
Mengeksplorasi
·
membaca contoh teks pantun yang
lain
·
menemukan struktur isi teks pantun (sampiran,
isi)
·
menemukan ciri bahasa teks pantun
·
menentukan makna/maksud
isi teks pantun
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan
struktur isi dan ciri bahasa teks pantun
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks pantun dalam
diskusi kelas dengan saling menghargai
Mengomunikasikan
·
Membacakan
hasil diskusi tentang temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks
pantun
·
mempresentasikan makna/ maksud teks pantun dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi
untuk memahami struktur dan kaidah teks pantun secara individual peserta
didik diminta menginterpretasi makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks pantun
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks
pantun baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
buku kumpulan pantun
|
4.1 Menginterpretasi makna teks,
pantun, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2
Membandingkan teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Persamaan/perbe-daan struktur
isi dan ciri bahasa dua teks pantun
·
Langkah-langkah penulisan teks pantun ( menemukan topik, mengembangkan sesuai
dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
membaca beberapa teks pantun
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
isi teks panttun
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks pantun
yang dibaca
·
mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks pantun yang
dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks pantun yang
dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks pantun yang
dibaca
·
menentukan topik teks pantun
·
membuat teks pantun sesuai dengan struktur isi teks
pantun (sampiran,
isi, sajak abab) dan ciri bahasa pantun
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks pantun dalam
diskusi kelas
·
mendiskusikan
dan menyimpulkan struktur isi teks pantun yang dibuat
Mengomunikasikan
·
menjelaskan
persamaan dan perbedaan beberapa teks pantun
yang didiskusika
·
membacakan teks pantun dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks pantun yang dibaca.
·
secara individual peserta
didik diminta memproduksi teks pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks pantun yang dibaca.
Tes tertulis :
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks
pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
buku kumpulan pantun
|
4.2
Memproduksi teks pantun, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks
yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks pantun, baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Analisis isi teks pantun
· Analisis bahasa teks
pantun
·
Penyuntingan isi sesuai dengan
struktur isi teks pantun
·
Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
membaca teks pantun
·
membaca teks pantun yang ditulis teman
Mempertanyakan
·
mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca
·
mempertanyakan
struktur isi dan bahasa teks pantun yang dibaca
Mengeksplorasi
·
menganalisis isi
teks pantun
dengan cermat
·
menganalisis
bahasa teks
pantun dengan
cermat
·
menyunting teks pantun yang
ditulis teman dari aspek struktur
isi dan bahasa teks pantun dengan cermat
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil analisis isi dan bahasa teks pantun
· mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil penyuntingan teman terhadap pantun yang ditulis
· memperbaiki
teks pantun
berdasarkan hasil suntingan teman
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil analisis dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
membacakan teks pantun dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat
·
mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks pantun yang dibacakan dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
pantun
·
secara individual peserta
didik diminta menyunting teks pantun sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks pantun
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan
kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
buku kumpulan pantun
·
Internet
·
buku kumpulan pantun
|
4.3
Menyunting teks pantun, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi pantun, baik
secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks pantun
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks pantun
|
Mengamati
·
membaca contoh teks pantun
·
mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks pantun
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
isi teks pantun yang dibaca
Mengeksplorasi
·
menuliskan
karakteristik pantun
·
menuliskan garis besar isi teks pantun
(abstraksi) dalam satu kalimat
secara terpadu
Mengasosiasi
·
mendiskusikan
dan menyimpulkan abstraksi yang dibuat
Mengomunikasikan
·
menyampaikan
ciri-ciri (karakteristik) pantun
·
mempresentasikan abstraksi teks pantun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks pantun
·
secara individual peserta
didik diminta menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks pantun
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting pantun berita sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
buku kumpulan pantun
|
4.4
Mengabstraksi teks pantun, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks pantun, berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks pantun
· Langkah- langkah konversi
teks pantun menjadi teks dialog
·
Langkah- langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog
|
Mengamati
·
membaca contoh teks pantun
·
Membaca
contoh pantun yang ditulis ulang
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
isi teks pantun
·
Mempertanyakan
isi teks pantun yang ditulis ulang
Mengeksplorasi
·
membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun
·
membaca contoh
teks pantun
·
mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun dengan
cermat
·
menulis ulang teks
pantun dalam bentuk uraian
dialog
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil evaluasi terhadap teks pantun
·
mendiskusikan dan menyimpulkan cerita teks pantun
yang ditulis ulang
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks pantun dengan
rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
Membacakan hasil konversi teks pantun
·
Mengomentari pembacaan teks pantun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks pantun
·
secara individual peserta
didik diminta mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks pantun
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
buku kumpulan pantun
|
4.5 Mengonversi teks pantun, ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks
cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks cerita ulang
·
Pengenalan ciri bahasa teks cerita ulang
·
Pemahaman isi teks cerita ulang
Pemahaman isi teks cerita ulang
|
Mengamati
·
membaca contoh
teks cerita ulang
·
mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerita ulang
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
struktur isi teks cerita ulang yang dibaca
·
membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerita ulang
Mengeksplorasi
·
menemukan struktur isi teks cerita ulang
·
menemukan ciri bahasa teks cerita ulang
·
menentukan makna/maksud
isi teks cerita ulang
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan
struktur isi dan ciri bahasa teks cerita ulang
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks cerita ulang dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
temuan terkait struktur isi teks cerita ulang
·
mempresentasikan makna/ maksud teks cerita ulang
dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang
·
secara individual peserta
didik diminta menginterpretasi makna teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita ulang
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks
cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
teks cerita ulang
|
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita
ulang, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2
Membandingkan teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbe-daan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita ulang
·
Langkah-langkah penulisan teks cerita ulang ( menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan
struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
membaca dua teks
cerita ulang
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
isi kedua teks cerita ulang
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks cerita ulang yang
dibaca
·
mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulang
yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks cerita ulang yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulang yang dibaca
·
menentukan topik teks cerita ulang
·
membuat teks cerita ulang sesuai dengan struktur isi
teks cerita ulang dan ciri
bahsa
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks cerita ulangdalam diskusi kelas
·
mendiskusikan
dan menyimpulkan teks cerita ulang yang ditulis
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
persamaan dan perbedaan beberapa teks cerita ulang dalam diskusi kelas
·
membacakan teks cerita ulang dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita ulang yang dibaca.
·
secara individual peserta
didik diminta memproduksi teks cerita ulang yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita ulang yang dibaca.
Tes tertulis :
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks
cerita ulang yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
cerita ulang
|
4.2
Memproduksi teks cerita ulang, yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks cerita ulang
·
Analisis bahasa teks cerita ulang
·
Penyuntingan isi sesuai dengan
struktur isi teks cerita ulang
·
Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
membaca contoh analisis teks cerita ulang
·
membaca teks cerita ulang yang
ditulis teman
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
contoh analisis teks cerita ulang
·
mempertanyakan
isi teks cerita ulang yang ditulis teman
Mengeksplorasi
·
menganalisis isi
teks cerita ulang dengan cermat
·
menganalisis
bahasa teks cerita ulang dengan
cermat
·
menyunting teks cerita ulang yang
ditulis teman dari aspek struktur
isi dan bahasa teks cerita ulang dengan cermat
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil analisis teks cerita ulang
·
memperbaiki teks cerita ulang
berdasarkan hasil suntingan
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil analisis dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
membacakan teks cerita ulang dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat
·
mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang yang dibacakan dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
cerita ulang
·
secara individual peserta
didik diminta menyunting teks cerita
ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita ulang
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
cerita ulang
|
4.3
Menyunting teks cerita ulang, sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan
|
· Karakteristik teks cerita ulang
· Langkah-langkah membuat abstraksi
teks cerita ulang
|
Mengamati
·
membaca contoh teks cerita ulang
·
mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks cerita ulang
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
isi teks cerita ulang yang dibaca
Mengeksplorasi
·
menuliskan garis besar isi teks cerita ulang (abstraksi)
dalam beberapa
kalimat secara terpadu
Mengasosiasi
·
mendiskusikan
dan menyimpulkan abstraksi cerita ulang yang telah ditulis
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
abstraks teks cerita ulang
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang
·
secara individual peserta
didik diminta menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita ulang
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita ulang
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
cerita ulang
|
4.4
Mengabstraksi teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks cerita ulang, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks cerita ulang
·
Langkah- langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog
·
Langkah- langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog
|
Mengamati
·
membaca
contoh teks cerita ulang
·
membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulang
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
cerita ulang teks cerita ulang yang dibaca
·
mempertanyakan
contoh evaluasi teks cerita ulang yang dibaca
Mengeksplorasi
·
mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulang
dengan cermat
·
menulis ulang teks
cerita ulang dalam bentuk uraian dialog
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil evaluasi teks cerita ulang
·
mendiskusikan dan menyimpulkan cerita ulang yang
ditulis
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks cerita ulang dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
Membacakan hasil tulisan cerita ulang teks cerita ulang yang
ditulis
·
Mengomentari pembacaan teks cerita ulang
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks cerita ulang
·
secara individual peserta
didik diminta mengonversi teks cerita ulang ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks cerita
ulang
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks cerita ulang ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
cerita ulang
·
Internet
·
contoh
cerita ulang
|
4.5 Mengonversi teks cerita ulang, ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas/Semester : XI/Genap
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya
sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
|
|||||
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami
dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan
publik
|
|||||
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama
|
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku jujur,
tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal
(terorisme)
|
|||||
2.4 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks
eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks eksplanasi kompleks
·
Pengenalan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks
·
Pemahaman isi teks eksplanasi
kompleks
|
Mengamati
·
membaca contoh
teks eksplanasi
kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
uraian yang berkaitan dengan
struktur isi teks eksplanasi
kompleks yang dibaca
·
membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksplanasi kompleks
Mengeksplorasi
·
menemukan struktur isi teks eksplanasi kompleks
·
menemukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks
·
menentukan makna/maksud
isi teks eksplanasi kompleks
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan
struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks eksplanasi kompleks dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks
·
mempresentasikan makna/ maksud teks eksplanasi kompleks dengan
rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks
·
secara individual peserta
didik diminta menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulis
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksplanasi
kompleks
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
teks eksplanasi kompleks
|
4.1 Menginterpretasi makna teks,
eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2
Membandingkan teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksplanasi kompleks
·
Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi kompleks ( mene-
mukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
membaca dua teks
eksplanasi kompleks
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
persamaan dan perbedaan kedua teks eksplanasi kompleks
·
Mempertanyakan
isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks eksplanasi
kompleks
yang
dibaca
·
mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks eksplanasi kompleks
yang
dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks eksplanasi kompleks
yang
dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks eksplanasi kompleks
yang
dibaca
·
menentukan topik teks eksplanasi kompleks
·
membuat teks eksplanasi
kompleks sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks dan ciri
bahsa
Mengasosiasi
·
mendiskusikandan menyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleks dalam diskusi kelas
·
mendiskusikan
dan menyimpulkan teks eksplanasi kompleks yang dibuat
Mengomunikasikan
·
menjelaskan
persamaan dan perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleks
·
membacakan teks eksplanasi
kompleks dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks eksplanasi kompleks
yang dibaca.
·
secara individual peserta
didik diminta memproduksi teks eksplanasi kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks eksplanasi
kompleks
yang dibaca.
Tes tertulis :
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi eksplanasi kompleks yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks eksplanasi
kompleks
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
eksplanasi kompleks
·
Internet
·
contoh
eksplanasi kompleks
|
4.2
Memproduksi teks eksplanasi kompleks, yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Analisis isi teks eksplanasi
kompleks
·
Analisis bahasa teks eksplanasi
kompleks
·
Penyuntingan isi sesuai dengan
struktur isi teks eksplanasi
kompleks
·
Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
membaca teks eksplanasi
kompleks
·
membaca teks eksplanasi
kompleks
yang
ditulis teman
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
isi teks eksplanasi kompleks
·
mempertanyakan
isi teks eksplanasi kompleks yang ditulis teman
Mengeksplorasi
·
menganalisis isi
teks eksplanasi
kompleks dengan cermat
·
menganalisis
bahasa teks eksplanasi kompleks dengan
cermat
·
menyunting teks eksplanasi
kompleks yang
ditulis teman dari aspek struktur
isi dan bahasa teks eksplanasi
kompleks
dengan cermat
Mengasoasiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil analisis teks eksplanasi kompleks
·
memperbaiki teks eksplanasi
kompleks
berdasarkan
hasil suntingan
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil analisis dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
membacakan teks eksplanasi
kompleks dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat
·
mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks
yang dibacakan dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
eksplanasi
kompleks
·
secara individual peserta
didik diminta menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur
dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
teks eksplanasi kompleks
|
4.3
Menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun
tulisan
|
· Karakteristik teks eksplanasi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksplanasi
kompleks
|
Mengamati
·
membaca contoh teks eksplanasi kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teksberita
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
ciri-ciri teks eksplanasi
·
mempertanyakan
isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca
Mengeksplorasi
·
menuliskan garis besar isi teks eksplanasi kompleks (abstraksi) dalam beberapa kalimat
secara terpadu
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi teks eksplanasi kompleks
yang ditulis
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
abstraks teks eksplanasi
kompleks yang ditulis
·
mengomentari teks esplanasi kompleks
yang dibacakan
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks
·
secara individual peserta
didik diminta menyunting teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksplanasi
kompleks
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
eksplanasi kompleks
|
4.4
Mengabstraksi teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks
eksplanasi kompleks, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks eksplanasi
kompleks
·
Langkah- langkah konversi teks eksplanasi
kompleks menjadi teks dialog
·
Langkah- langkah konversi teks eksplanasi
kompleks menjadi teks dialog
|
Mengamati
·
Membaca
contok konversi teks eksplanasi kompleks
·
membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
contoh evaluasi teks eksplanasi kompleks
·
Mempertanyakan
isi konversi teks eksplanasi kompleks
Mengeksplorasi
·
Membaca
contoh teks eksplanasi kompleks
·
mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks dengan cermat
·
mengkonversi
teks eksplanasi kompleks
dalam bentuk dialog
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan)
terhadap teks eksplanasi kompleks
·
mendiskusikandan menyimpulkan konversi teks
eksplanasi kompleks yang ditulis
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks eksplanasi kompleks
dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
Membacakan hasil konversi teks eksplanasi kompleks
·
Mengomentari pembacaan teks eksplanasi
kompleks
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks eksplanasi kompleks
·
secara individual peserta
didik diminta mengonversi teks eksplanasi kompleks ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks eksplanasi kompleks
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks eksplanasi kompleks
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
eksplanasi kompleks
|
4.5 Mengonversi teks
eksplanasi kompleks, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks
film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks film/drama
·
Pengenalan ciri bahasa teks film/drama
·
Pemahaman isi teks film/drama
|
Mengamati
·
membaca contoh
teks film/drama
·
mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks film/drama
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks film/drama yang
dibaca
·
membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks film/drama
Mengeksplorasi
·
menemukan struktur isi teks film/drama
·
menemukan ciri bahasa teks film/drama
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan
struktur isi dan ciri bahasa teks film/drama
·
menentukan makna/maksud
isi teks film/drama
·
Mendiskusikan
dan menyimpulkan makna/maksud isi teks film/drama yang telah
ditentukan
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi terkait struktur isi dan ciri bahasa teks film/drama
·
mempresentasikan makna/ maksud teks film/drama dengan
rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama
·
secara individual peserta
didik diminta menginterpretasi makna teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks film/drama
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
teks film/drama
|
4.1 Menginterpretasi makna teks
film/drama baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2
Membandingkan teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks film/drama
·
Langkah-langkah penulisan teks film/drama ( menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur
isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
membaca dua teks
film/drama
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
isi kedua teks film/drama yang dibaca
·
Mempertanyakan
topik teks film/drama
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks film/drama yang
dibaca
·
mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks film/drama yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks film/drama yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks film/drama yang dibaca
·
menentukan topik teks film/drama
·
membuat teks film/drama sesuai
dengan struktur isi teks film/drama dan ciri
bahsa
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan meyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks film/drama dalam diskusi kelas
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan teks film/drama yang dibuat
Mengomunikasikan
·
menjelaskan
persamaan dan perbedaan beberapa teks film/drama hasil diskusi kelas
·
membacakan teks film/drama dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks film/drama yang dibaca.
·
secara individual peserta
didik diminta memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks film/drama yang dibaca.
Tes tertulis :
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
contoh film/drama
·
Internet
contoh film/drama
|
4.2
Memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Analisis isi teks film/drama
·
Analisis bahasa teks film/drama
· Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks film/drama
·
Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
membaca
contoh analisis teks film/drama
·
membaca
teks film/drama yang ditulis teman
Mempertanyakan
·
mempertanyakan contoh analisis teks film/drama yang dibaca
·
mempertanyakan teks film/drama yang ditulis teman dari aspek struktur isi
dan bahasa teks film/drama dengan cermat
Mengekplorasi
·
menganalisis
isi teks film/drama dengan cermat
·
menganalisis
bahasa teks film/drama dengan
cermat
·
menyunting teks film/drama yang
ditulis teman dari aspek struktur
isi dan bahasa teks film/drama dengan cermat
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil analisis dengan teman/kelompok lain
·
mendiskusikan
dan memperbaiki teks film/drama berdasarkan
hasil suntingan
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil analisis dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
membacakan teks film/drama dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat
·
mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibacakan dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
film/drama
·
secara individual peserta
didik diminta menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur
dan kaidah teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks film/drama
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks film/drama
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
contoh film/drama
|
4.3
Menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks film/drama
baik secara lisan maupun tulisan
|
· Karakteristik teks film/ drama
· Langkah-langkah membuat abstraksi
teks film/drama
|
Mengamati
·
membaca contoh teks film/drama
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
isi isi teks film/drama
Mengeksplorasi
·
menuliskan garis besar isi teks film/drama (abstraksi)
dalam beberapa
kalimat secara terpadu
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan abstraksi teks film/drama
Mengomunikasikan
· mempresentasikan abstraks teks film/drama
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama
·
secara individual peserta
didik diminta menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks film/drama
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks film/drama
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
teks film/drama
|
4.4
Mengabstraksi teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks
film/drama berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks film/drama
· Langkah- langkah konversi
teks film/drama menjadi teks dialog
·
Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog
|
Mengamati
·
membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama
·
membaca
contoh konversi teks film/drama
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibaca
·
mempertanyakan
contoh konversi teks film/drama
Mengeksplorasi
·
membaca contoh
teks film/drama
·
mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan cermat
Mengasosiasi
·
mendiskusikandan menyimpulkan hasil
evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama
·
menulis ulang (mengkonversi) teks film/drama dalam bentuk cerpen
·
mendiskusikan dan menyimpulkan tulisan ulang
(konversi) film/drama
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
Membacakan
tulisan ulang (konversi) teks film/drama
·
Mengomentari pembacaan tulisan ulang (konversi) teks film/drama
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks film/drama
·
secara individual peserta
didik diminta mengonversi teks i film/drama ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks film/drama
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh
film/drama
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar