Kamis, 26 November 2015

Cara menanam sawi


Beragam cara orang menanam sayur dengan kondisi lahan yang tidak memungkinkan maka sebagai alternatif lain dengan menggunakan polibag atau menggunakan pot bunga, semua bisa di lakukan dengan mudah dan gampang. untuk tingkat kesuburan dan tanaman sendiri biasanya cenderung subur bila di terapkan pada palibag atau pot. kenapa demikian? karena menggunakan sarana seperti pengawasan dan tingkat nutrisi pada tanah lebih terjamin dari pada di tanam pada lahan sawah, kebun atau ladang. tumbuhan kaya dengan gizi ini bisa anda tanam dengan menggunakan polibag atau pot namun kali saya membagikan tips cara menanam sawi menggunakan polibag, kenapa? karena dengan polibag ongkos atau biaya lebih ringan dari pada kita membeli pot bunga yang terbilang mahal dari pada polibag. berikut ini langkah-langkah menanam sawi dalam polibag:

untuk menanam sawi di sini ada tiga tahapan yang harus anda lakukan yaitu persemaian, penanaman dan pemanenan hal ini sama dengan tahapan menanam cabe dalam pot. berikut ini langkah-langkahnya:
Persemaian
  1. Yang pertama persiapkan polibag dengan ukuran 15cm.
  2. Isi polibag dengan tanah yang sudah di campur kompos terlebih dulu.
  3. Semaikan biji sawi pada polibag
  4. Untuk selanjutnya proses penyiraman, lakukan penyiraman pagi dan sore.
  5. Setelah berumur 2 atau 3 minggu benih sawi siap untuk anda tanam pada polibag.
Proses penanaman
  1. Yang pertama persiapkan lagi polibag dengan ukuran diameter 15 cm.
  2. Isi polibag dengan tanah yang sudah anda campur dengan pupuk kompos usahakan untuk ukurannya lebih banyak tanah sedikit dari pada kompos.
  3. setelah anda mempersiapkan tanah pada polibag sekarang persiapan untuk menanam sawi pada polibag, prosesnya cabut benih sawi yang sudah anda semainkan, dan tanam pada polibag yang sudah anda persiapkan. anda harus cukup berhati-hati jangan sampai akar sawi putus.
  4. Lubangi setiap polibag untuk proses penanaman benih sawi, di sini anda bisa tanam sawi 3 sampai 5 benih di setiap polibag.
  5. Setelah proses ini selesai siram setidaknya sekali dalam sehari dan bila cukup umur 2 kali sehari, dan berikan kompos sebagai pupuk organik setidaknya jika memang sawi kurang begitu subur.
Proses Panen Sayur Sawi
Pada proses ini sebenarnya sudah berjalan, untuk memanen sawi cukup mudah saja anda bisa memanen sawi dengan cara mencabut dari polibag, kurang lebih sawi bisa anda panen setelah umur 2 bulan atau 60 hari. untuk jenis sawi sendiri ada banyak sekali namun yang saya sampaikan di atas khusus untuk benih sawi cabut. untuk metode cara menanam sawi di ladang atau di sawah saya akan bahas pada postingan berikutnya, semoga artikel Tisp acara menanam sawi dalam polibag ini bermanfaat dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar