Sabtu, 11 Juni 2016

RPP Seni Budaya Tehnik Kendaraan Ringan X/2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :
Mata Pelajaran            : SENI BUDAYA
Kelas/Semester            :

Standar Kompetensi
1.         Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar
1.1    Menampilkan sifat apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah nusantara

Indikator
Siswa dapat berapresiasi pada karya seni rupa dan berolah pengalaman dalam berkarya kreatif sesuai dengan jenis kegiatan pilihan masing-masing

Alokasi Waktu           : 6 x 40 menit (3x pertemuan)

A.    Materi Pembelajaran :
Apresiasi karya seni rupa

B.     Metode Pembelajaran
              i.      Metode            : - Ceramah
     - Tanya jawab






C.    Langkah-Langkah Kegiatan

Kegiatan
Waktu
v  Kegiatan Pendahuluan.
-  Guru membuka kegiatan pembelajaran
- Guru menuliskan judul materi yang akan di bahas dipapan.
-  Guru memberikan motivasi kepada siswa

10 menit
v  Kegiatan Inti
-       Guru menjelaskan periodisasi seni rupa Indonesia
-       Guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan untuk mengukur pemahaman siswa

50 menit
v  Penutup
-     Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan
-    Guru memberi tugas rumah.

10 menit
PERTEMUAN PERTAMA













PERTEMUAN KEDUA
Kegiatan
Waktu
v  Kegiatan Pendahuluan.
-  Guru membuka kegiatan pembelajaran
- Guru menuliskan judul materi yang akan di bahas dipapan.
-  Guru memberikan motivasi kepada siswa

10 menit
v  Kegiatan Inti
-       Guru menjelaskan periode seni lukis Indonesia
-       Guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan untuk mengukur pemahaman siswa

50 menit
v  Penutup
-     Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan
-    Guru memberi tugas rumah

10 menit















PERTEMUAN KETIGA

Kegiatan
Waktu
v  Kegiatan Pendahuluan.
-  Guru membuka kegiatan pembelajaran
- Guru menuliskan judul materi yang akan di bahas dipapan.
-  Guru memberikan motivasi kepada siswa

10 menit
v  Kegiatan Inti
-       Guru menjelaskan cara membuat nirmana
-       Guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan untuk mengukur pemahaman siswa


50 menit
v  Penutup
-     Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan
-    Guru memberi tugas rumah.

10 menit


D.    Sumber Belajar
a.      Buku Belajar Seni Budaya
b.      Buku LKS

E.     Penilaian
  1. Teksnik Penilaian
    1. Tes Tulis
    2. Unjuk Kerja
  1. Bentuk Instrumen
Essay

3.   Contoh Instrumen
      Contoh tes uraian
1.   Salah satu prinsip dalam dalam penyusunan seni rupa adalah kesatuan. Apakah yang dimaksud kesatuan?



Mengetahui
Kepala Sekolah





.........................
Ngawi, …………
Guru mata pelajaran





.............................








Tidak ada komentar:

Posting Komentar