RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA
Kelas/Semester :
Standar Kompetensi
1.
Mengapresiasi
karya seni rupa
Kompetensi Dasar
1.1
Menampilkan
sifat apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan di wilayah nusantara
Indikator
Siswa dapat berapresiasi pada
karya seni rupa dan berolah pengalaman dalam berkarya kreatif sesuai dengan
jenis kegiatan pilihan masing-masing
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3x pertemuan)
A. Materi
Pembelajaran :
Apresiasi karya seni rupa
B.
Metode Pembelajaran
i.
Metode : - Ceramah
- Tanya jawab
C.
Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan
|
Waktu
|
v Kegiatan Pendahuluan.
- Guru membuka kegiatan pembelajaran
- Guru
menuliskan judul materi yang akan di bahas dipapan.
- Guru memberikan motivasi kepada siswa
|
10 menit
|
v Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan periodisasi seni rupa Indonesia
- Guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah disampaikan untuk mengukur pemahaman siswa
|
50 menit
|
v Penutup
- Guru menyimpulkan materi yang telah
disampaikan
- Guru memberi tugas rumah.
|
10 menit
|
PERTEMUAN PERTAMA
PERTEMUAN KEDUA
Kegiatan
|
Waktu
|
v Kegiatan Pendahuluan.
- Guru membuka kegiatan pembelajaran
- Guru
menuliskan judul materi yang akan di bahas dipapan.
- Guru memberikan motivasi kepada siswa
|
10 menit
|
v Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan periode seni lukis Indonesia
- Guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah disampaikan untuk mengukur pemahaman siswa
|
50 menit
|
v Penutup
- Guru menyimpulkan materi yang telah
disampaikan
- Guru memberi tugas rumah
|
10 menit
|
PERTEMUAN KETIGA
Kegiatan
|
Waktu
|
v Kegiatan Pendahuluan.
- Guru membuka kegiatan pembelajaran
- Guru
menuliskan judul materi yang akan di bahas dipapan.
- Guru memberikan motivasi kepada siswa
|
10 menit
|
v Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan cara membuat nirmana
- Guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah disampaikan untuk mengukur pemahaman siswa
|
50 menit
|
v Penutup
- Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan
- Guru memberi tugas rumah.
|
10 menit
|
D.
Sumber
Belajar
a. Buku Belajar Seni Budaya
b. Buku LKS
E.
Penilaian
- Teksnik Penilaian
- Tes Tulis
- Unjuk Kerja
- Bentuk Instrumen
Essay
3. Contoh
Instrumen
Contoh tes
uraian
1. Salah satu prinsip dalam dalam penyusunan
seni rupa adalah kesatuan. Apakah yang dimaksud kesatuan?
Mengetahui
Kepala
Sekolah
.........................
|
Ngawi, …………
Guru
mata pelajaran
.............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar