FORMAT SUPERVISI AKADEMIK(PENELAAHAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)BERDASAR LAMPIRAN IV PERMENDIKBUD 81 A TAHUN ...............)
Nama Sekolah :
………………………………………………………………………..
Nama Guru : ………………………………………………………………………..
Mata Pelajaran : ………………………………………………………………………..
Kelas/Semester : …………… /………………
Materi Pokok : ………………………………………………………………………..
Berilah tanda cek (V) pada kolom skor (1, 2, 3) sesuai dengan kriteria yang
tertera pada kolom tersebut.
No.
|
KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
HASIL PENELAAHAN DAN SKOR
|
CATATAN
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
A.
|
Identitas Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1.
|
Terdapat satuan pendidikan, kelas semester,
program/program keahlian, mata pelajaran atau materi
pokok pelajaran, dan jumlah pertemuan
|
|
|
|
|
B.
|
Perumusan Indikator
|
|
|
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan SKL, KI dan KD
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian penggunaan
kata
kerja operasional denga kompetensi yang diukur
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian dengan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
|
|
|
|
|
C.
|
Perumusan Tujuan
Pembelajaran
|
|
|
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan proses dan
hasil belajar yang diharapkan tercapai
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan kompetensi
dasar
|
|
|
|
|
D.
|
Pemilihan Materi Ajar
|
|
|
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian dengan alokasi
waktu
|
|
|
|
|
E.
|
Pemilihan Sumber Belajar
|
|
|
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan KI dan KD
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran dan
pendekatan scientific
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
F.
|
Pemilihan Media Belajar
|
|
|
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan materi
pembelajaran dan
pendekatan scientific
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
G.
|
Model Pembelajaran
|
|
|
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan pendekatan
scientific
|
|
|
|
|
H
|
Skenario Pembelajaran
|
|
|
|
|
1.
|
Menampilkan
kegiatan pendahuluan, inti,
dan penutup
dengan jelas
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian kegiatan
dengan pendekatan scientific
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian
penyajian
dengan
sistematika materi
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian alokasi waktu dengan cakupan materi
|
|
|
|
|
I.
|
Penilaian
|
|
|
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan teknik dan
bentuk penilaian autentik
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan indikator
pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian kunci jawaban dengan soal
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian pedoman penskoran dengan soal
|
|
|
|
|
Keterangan
Hasil Penelaahan dan Skor :
1 = Tidak ada / Tidak sesuai
2 = Kurang lengkap / Sesuai sebagian
3 = Sudah lengkap / Sesuai seluruhnya
Saran/Pembinaan
:
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
Ngawi,…………………….. Guru Mata Pelajaran Supervisor
……………………………………. …………………………………....
NIP. NIP.
Kepala Sekolah
………………………………………….
NIP.
FORMAT SUPERVISI AKADEMIK
(PENELAAHAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BERDASAR LAMPIRAN IV PERMENDIKBUD 81 A TAHUN 2013)
Nama Sekolah : ………………………………………………………………………..
Nama Guru : ………………………………………………………………………..
Mata Pelajaran : ………………………………………………………………………..
Kelas/Semester : …………… /………………
Materi Pokok : ………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………..
ASPEK YANG DIAMATI
|
YA
|
TIDAK
|
CATATAN
|
|
A. KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
|
|
|
|
1. Melakukan apersepsi dan motivasi
|
|
|
|
|
a.
|
Menyiapkan fisik dan psikhis peserta didik
dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
b.
|
Mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pengalaman peserta
didik dalam perjalanan menuju
sekolah atau dengan
tema sebelumnya.
|
|
|
|
c.
|
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan dengan tema yang akan dibelajarkan.
|
|
|
|
d.
|
Mengajak peserta didik
berdinamika/melakukan
sesuatu kegiatan
yang terkait dengan
materi.
|
|
|
|
B. KEGIATAN
INTI
|
|
|
|
|
1. Guru
menguasai materi yang diajarkan
|
|
|
|
|
a.
|
Kemampuan menyesuaikan
materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
b.
|
Kemampuan mengkaitkan
materi dengan pengetahuan
lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan Iptek
dan kehidupan nyata.
|
|
|
|
c.
|
Menyajikan materi dalam
tema
secara sistematis dan
gradual (dari yang mudah
ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
2. Guru menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik
|
|
|
|
|
a.
|
Melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan kompetensi
yang akan
dicapai.
|
|
|
|
b.
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut.
|
|
|
|
c.
|
Menguasai
kelas dengan
baik.
|
|
|
|
d.
|
Melaksanakan pembelajaran
yang bersifat
kontekstual.
|
|
|
|
e.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
(nurturant
effect).
|
|
|
|
f.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
|
|
|
|
3. Guru menerapkan pendekatan saintifik
|
|
|
|
|
a.
|
Menyajikan topik
atau materi
yang mendorong peserta
didik melakukan kegiatan
mengamati/observasi.
|
|
|
|
b.
|
Memancing peserta didik untuk bertanya.
|
|
|
|
c.
|
Menyajikan kegiatan
yang
mendorong peserta didik untuk mengumpulkan
informasi/data
|
|
|
|
d.
|
Menyajikan kegiatan
yang
mendorong peserta didik untuk mengasosiasikan/mengolah
informasi.
|
|
|
|
e.
|
Menyajikan kegiatan yang mendorong
peserta didik untuk terampil
mengkomunikasikan hasil secara lisan
maupun tertulis.
|
|
|
|
4.
Guru
melaksanakan penilaian autentik
|
|
|
|
|
a.
|
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
|
|
|
|
b.
|
Melakukan penilaian keterampilan
peserta didik
dalam melakukan aktifitas individu/kelompok.
|
|
|
|
c.
|
Mendokumentasikan hasil pengamatan sikap, perilaku dan keterampilan peserta didik.
|
|
|
|
5.
Guru
memanfaatkan sumber
belajar/media dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
a.
|
Menunjukkan
keterampilan
dalam pemanfaatan sumber
belajar.
|
|
|
|
b.
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran.
|
|
|
|
c.
|
Menghasilkan
pesan yang menarik.
|
|
|
|
d.
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan
sumber belajar.
|
|
|
|
e.
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media
pembelajaran.
|
|
|
|
6.
Guru
memicu dan/atau
memelihara keterlibatan
peserta didik dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
a.
|
Menumbuhkan partisipasi
aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, dan sumber belajar.
|
|
|
|
b.
|
Merespon positif partisipasi
peserta didik,
|
|
|
|
c.
|
Menunjukkan sikap
terbuka terhadap respon peserta
didik,
|
|
|
|
d.
|
Menunjukkan hubungan
antar pribadi yang kondusif.
|
|
|
|
e.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar.
|
|
|
|
7.
Guru menggunakan
bahasa yang benar
dan
tepat
dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
a.
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
|
|
|
|
b.
|
Menggunakan bahasa tulis
yang baik dan benar.
|
|
|
|
c.
|
Menyampaikan
pesan dengan
gaya yang sesuai.
|
|
|
|
C.
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
|
|
1.
Guru
mengakhiri
pembelajaran
dengan efektif
|
|
|
|
|
a.
|
Melakukan refleksi
atau
membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta
didik.
|
|
|
|
b.
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan
arahan kegiatan lanjutan, atau tugas.
|
|
|
|
Saran/Pembinaan :
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
Ngawi,……………………..2014
Guru Mata Pelajaran Supervisor
……………………………………. …………………………………....
NIP. NIP.
Kepala Sekolah
………………………………………….
NIP.
#Semoga Bermanfaat JORIS#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar