Sabtu, 19 Desember 2015

Contoh Format SUPERVISI AKADEMIK


FORMAT SUPERVISI AKADEMIK
(PENELAAHAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)BERDASAR LAMPIRAN IV PERMENDIKBUD 81 A TAHUN ...............)


Nama Sekolah          : ………………………………………………………………………..
Nama Guru              : ………………………………………………………………………..
Mata Pelajaran         : ………………………………………………………………………..
Kelas/Semester        : …………… /………………
Materi Pokok           : ………………………………………………………………………..

Berilah tanda cek (V) pada kolom skor (1, 2, 3) sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut.
No.
KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
HASIL PENELAAHAN DAN SKOR
CATATAN
1
2
3
A.
  Identitas Mata Pelajaran




1.
Terdapat satuan pendidikan, kelas semester,
program/program keahlian, mata pelajaran atau materi pokok pelajaran, dan jumlah pertemuan




B.
Perumusan Indikator




1.
Kesesuaian dengan SKL, KI dan KD




2.
Kesesuaian penggunaan kata kerja operasional denga kompetensi yang diukur




3.
Kesesuaian dengan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.




C.
Perumusan Tujuan Pembelajaran




1.
Kesesuaian dengan proses dan hasil belajar yang diharapkan tercapai




2.
Kesesuaian dengan kompetensi dasar




D.
Pemilihan Materi Ajar




1.
Kesesuaian   dengan   tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




3.
Kesesuaian  dengan    alokasi waktu




E.
Pemilihan Sumber Belajar




1.
Kesesuaian dengan KI dan KD




2.
Kesesuaian   dengan    materi pembelajaran  dan  pendekatan scientific




3.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




F.
Pemilihan Media Belajar




1.
Kesesuaian   dengan   tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian   dengan    materi pembelajaran  dan  pendekatan scientific




3.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik






G.
Model Pembelajaran




1.
Kesesuaian   dengan   tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan pendekatan scientific




H
Skenario Pembelajaran




1.
Menampilkan          kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas




2.
Kesesuaian   kegiatan dengan pendekatan scientific




3.
Kesesuaian  penyajian   dengan sistematika materi




4.
Kesesuaian   alokasi waktu dengan cakupan materi




I.
Penilaian




1.
Kesesuaian dengan teknik dan bentuk penilaian autentik




2.
Kesesuaian dengan indikator pencapaian kompetensi




3.
Kesesuaian kunci jawaban dengan soal




4.
Kesesuaian pedoman penskoran dengan soal




Keterangan Hasil Penelaahan dan Skor :
1 =  Tidak ada / Tidak sesuai
2 =  Kurang lengkap / Sesuai sebagian
3 =  Sudah lengkap / Sesuai seluruhnya

Saran/Pembinaan :
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......

                                                                                             Ngawi,……………………..   Guru Mata Pelajaran                                                                    Supervisor


   …………………………………….                                                 …………………………………....
   NIP.                                                                              NIP.

Kepala Sekolah




………………………………………….
   NIP.



K-13FORMAT SUPERVISI AKADEMIK
(PENELAAHAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN                                             BERDASAR LAMPIRAN IV PERMENDIKBUD 81 A TAHUN 2013)


Nama Sekolah                   : ………………………………………………………………………..
Nama Guru              : ………………………………………………………………………..
Mata Pelajaran         : ………………………………………………………………………..
Kelas/Semester        : …………… /………………
Materi Pokok           : ………………………………………………………………………..
                                                                   ………………………………………………………………………..
ASPEK YANG DIAMATI
YA
TIDAK
CATATAN
A.   KEGIATAN PENDAHULUAN



1.   Melakukan apersepsi dan motivasi



a.
Menyiapkan fisik dan psikhis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.



b.
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau dengan tema sebelumnya.



c.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan dengan tema yang akan dibelajarkan.



d.
Mengajak peserta didik berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi.



B.   KEGIATAN INTI



1.   Guru menguasai materi yang diajarkan



a.
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.



b.
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan Iptek dan kehidupan nyata.



c.
Menyajikan materi dalam tema secara sistematis dan gradual (dari yang mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



2.   Guru menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik



a.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.



b.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.



c.
Menguasai kelas dengan baik.



d.
Melaksanakan pembelajaran yang           bersifat kontekstual.



e.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).



f.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.





3.   Guru menerapkan pendekatan saintifik



a.
Menyajikan  topik  atau  materi  yang  mendorong peserta didik melakukan kegiatan mengamati/observasi.



b.
Memancing peserta didik untuk bertanya.



c.
Menyajikan  kegiatan  yang  mendorong  peserta didik untuk mengumpulkan informasi/data



d.
Menyajikan  kegiatan  yang  mendorong  peserta didik untuk mengasosiasikan/mengolah informasi.



e.
Menyajikan kegiatan yang mendorong  peserta didik  untuk  terampil  mengkomunikasikan  hasil secara lisan maupun tertulis.



4.   Guru melaksanakan penilaian autentik



a.
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran.



b.
Melakukan  penilaian  keterampilan  peserta  didik dalam melakukan aktifitas individu/kelompok.



c.
Mendokumentasikan  hasil   pengamatan   sikap, perilaku dan keterampilan peserta didik.



5.   Guru memanfaatkan sumber belajar/media dalam pembelajaran



a.
Menunjukkan  keterampilan  dalam  pemanfaatan sumber belajar.



b.
Menunjukkan  keterampilan  dalam  penggunaan media pembelajaran.



c.
Menghasilkan pesan yang menarik.



d.
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar.



e.
Melibatkan  peserta  didik   dalam   pemanfaatan media pembelajaran.



6.   Guru  memicu  dan/atau  memelihara  keterlibatan  peserta  didik dalam pembelajaran



a.
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, dan sumber belajar.



b.
Merespon positif partisipasi peserta didik,



c.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon peserta didik,



d.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.



e.
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar.



7.    Guru  menggunakan bahasa yang benar dan            tepat dalam pembelajaran



a.
Menggunakan  bahasa  lisan   secara   jelas   dan lancar.



b.
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.



c.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.



C.   KEGIATAN PENUTUP



1.   Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif



a.
Melakukan  refleksi  atau  membuat  rangkuman dengan melibatkan peserta didik.



b.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan lanjutan, atau tugas.






Saran/Pembinaan :
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......
……………………………………………………………………………………………………………………………….......

                                                                                             Ngawi,……………………..2014

  Guru Mata Pelajaran                                                                    Supervisor


   …………………………………….                                                 …………………………………....
   NIP.                                                                              NIP.
Kepala Sekolah




………………………………………….
   NIP.
#Semoga Bermanfaat JORIS#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar