Selasa, 09 Februari 2016

Soal Penjaskes kurikulum 2013 A


Soal Penjaskes kurikulum 2013 A
1.   Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masa depan hanya akan dapat terwujud apabila terjadi pergeseran . . . .
A.        perubahan kebutuhan
B.        perubahan pola pikir
C.        perubahan daya nalar
D.        perubahan tingkah laku

2.   tuntutan zamanPengembangan kurikulum perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun tantangan eksternal. Tantangan internal terkait dengan kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan . . . .
A.        Standar kompetensi lulusan
B.        Standar proses
C.        Standar penilaian
D.        Delapan standar nasional pendidikan

3.   Pengembangan kurikulum perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun tantangan eksternal. Tantangan eksternal terkait dengan kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan . . . . .
A.        pemenuhan tenaga pendidik dan kependidikan
B.        pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan
C.        tantangan masa depan
D.        terpenuhinya pengelolaan pendidikan yang baik

4.   Perumusan SKL dalam kurikulum 2013 diturunkan dari . . . .
A.        kebutuhan
B.        standar kompetensi
C.        kompetensi dasar
D.        kompetensi inti

5.   Kurikulum berbasis kompetensi adalah outcomes-based curriculum dan oleh karena itu pengembangan kurikulum diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari . . . .
A.        standar nasional pendidikan
B.        tujuan pendidikan nasional
C.        standar kompetensi lulusan
D.        standar inti

6.  Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan standar kompetensi lulusan berdasarkan kesiapan peserta didik, tujuan pendidikan nasional, dan . . . .
A. kebutuhan                                                               B. kompetensi inti
C. indikator pencapaian kompetensi                       D. materi pembelajaran
                                                             
7.   Landasan yang mengarahkan kurikulum kepada manusia apa yang akan dihasilkan kurikulum merupakan landasan . . . .
A.        filosofis dan landasan yuridis
B.        empiric dan landasan teoritik
C.        filosofis dan landasan empirik
D.        filosofis dan teoritik

8.   Landasan teoritik yang memberikan dasar-dasar teoritik pengembangan  kurikulum sebagai . . . .
A.        dokumen dan proses
B.        dokumen dan penilaian
C.        proses dan penilaian
D.        dokumen, proses dan penilaian

9.   Pendidikan jasmani memiliki berbagai pengertian menurut pandangan berbagai ahli maupun organisasi. Pengertian pendidikan jasmani pada prinsipnya berupa….
A.        pendidikan olahraga yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya
B.        pendidikan olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana benjenjang dan berkelanjutan
C.        pendidikan olahraga yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga
D.        bagian intergral dari pendidikan secara umum, yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, persepsual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sisitem pendidikan nasional

10.   Pernyataan mengenai pendidikan jasmani yang sesuai dengan yang dikembangkan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah….
A.        bagian integral dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara organik, dan neuromuskular
B.        bagian parsial dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara intelektual, dan sosial
C.        bagian parsial dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara organik, dan neuromuskular, intelektual, dan sosial
D.        bagian integral dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu secara organik, neuromuskular, intelektual, dan social

11.   Pengertian olahraga pendidikan menurut UU No. 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, adalah….
A.        pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan untuk mengembangkan individu secara organis, neuromuskuler, intelektual dan emosional melalui aktivitas jasmani
B.        pendidikan jasmani dan olahraga yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang teratur dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan dan kebugaran jasmani
C.        olahraga yang membina dan mengembangkan olahraga secara terencana, berjenjang dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan
D.        pendidikan jasmani dan olahraga kompetitif yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang teratur dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan dan kebugaran jasmani

12.   Tujuan pendidikan jasmani yang salah di bawah ini adalah...
A.        mencapai prestasi olahraga yang inggi di event resmi seperti PON
B.        meletakan landasan yang kuat melalui internalisasi nilai dalam penjas
C.        mampu mengisi waktu luang dengan aktivitas jasmani yang bersifat rekreatif
D.        menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui tugas-tugas pembelajaran pendidikan jasmani

13.  Dibawah ini aspek/ranah yang tidak  termasuk dalam penyampaian materi pendidikan jasmni adalah . . . .
A.        kognitif (pengetahuan/pemahaman)
B.        afektif (sikap)
C.        lokomotor (gerak dasar)
D.        psikomotor (keterampilan gerak)

14.   Ciri pembeda antara pendidikan jasmani, dan olahraga kompetitif antara lain….
A.        pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final score, sedangkan olahraga kompetitif gain score
B.        pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada anak (child oriented), sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan (subject oriented)
C.        pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga kompetitif tidak
D.        olahraga kompetitif selalu dipertandingkan, sedangkan pendidikan jasmani tidak boleh sama sekali ada pertandingan

15.   Pengertian pendidikan kesehatan dibawah ini yang benar adalah:
A.        suatu upaya pendidikan untuk mencapai kesehatan lingkungan
B.        pendidikan yang mengutamakan kesehatan
C.        upaya mempelajari bagaimana menciptakan kesehatan diri
D.        suatu upaya atau kegiatan untuk mencipkatan perilaku masyarakat (di sekolah, anak didik) yang kondusif untuk kesehatan

16.  Perbedaan yang nyata antara pendidikan jasmani, dan pendidikan kesehatan adalah….
A.        pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final score, sedangkan pendidikan kesehatan tidak
B.        pendidikan jasmani memiliki fokus pada materi kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan, sedangkan pendidikan kesehatan pada materi kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan saja
C.        pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan aktivitas pengisian waktu luang saja dan keterampilan psikomotorik, sedangkan pendidikan kesehatan tidak
D.        pendidikan jasmani tidak dapat mengembangkan kesehatan, sedangkan pendidikan kesehatan sebaliknya

17.  Dalam kenyataannya pendidikan kesehatan disekolah bertujuan untuk membangun karakter anak didik supaya...
A.        menambah atau memperkaya pengetahuan kesehatan
B.        memiliki dan menerapkan budaya hidup sehat
C.        mendapatkan pelayanan kesehatan
D.        menambah sikap hidup yang kreatif dan sosial
                                                          
18.  Kegiatan jasmani  dilakukan mengandung   unsur permainan, perjuangan atau kompetisi baik dengan diri sendiri, orang lain maupun alam dan dilakukan secara sportif dan fair, merupakan ciri umum dari….
A.        pendidikan olahraga
B.        pendidikan jasmani
C.        penjasorkes
D.        olahraga kompetitif

19   Pola gerak yang diidentifikasikan sebagai keterampilan memainkan objek dengan menggunakan anggota badan, disebut:...
A.        lokomotor
B.        nonlokomotor
C.        manipulatif
D.        motorik. 

20.   Pola gerak yang diidentifikasikan sebagai keterampilan berpindahnya individu dari satu empat ke tempat yang lain disebut...
A.        lokomotor
B.        nonlokomotor
C.        manipulatif
D.        motorik

21.   Contoh permainan kecil yang dapat digunakan untuk pengembangan pola gerak dasar manipulatif adalah….
A.        gobak sodor                              
B.        hitam - hijau
C.        bola tembak                  
D.        menjala ikan

22.   Bentuk pembelajaran lempar tangkap pada penjasorkes merupakan salah satu bentuk pembelajaran untuk mengembangkan gerak dasar:
A.        lokomotor
B.        nonlokomotor
C.        motorik
D.        manipulatif

23.  Seorang guru mengajarkan peserta didik berjalan, berlari, dan melompat ke berbagai arah maka pola gerak dasar yang dikembangkan adalah….
A.        manipulatif
B.        lokomotor
C.        stabilisasi
D.        non lokomotor.

24.   Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan mengharapkan dampak berupa dampak utama (main effect), maupun dampak pengiring (nurturanteffect). Dari materi permainan kecil dan tradisional yang diajarkan pada suatu proses pembelajaran, dampak utama yang diharapkan adalah….
A.        berkembangnya pola gerak dasar
B.        berkembangnya pola pikir secara kognitif
C.        berkembangnya pola perilaku afektif           
D.        berkembangnya pola permainan

25.   Permainan tradisionalsebagai materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga dilakukan terutama untuk pengembangan….
A.        gerak spesialis
B.        produk gerak
C.        fungsi gerak
D.        teknik gerak

26.   Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan . . . .
A.        perencanaan pembelajaran
B.        pelaksanaan pembelajaran
C.        evaluasi pembelajaran
D.        indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian

27.   Silabus yang dikembangkan memiliki kesesuaian dengan mata pelajaran, materi pokok yang akan diajarkan, serta kebutuhan peserta didik. Hal ini merupakan prinsip pengembangan silabus dilihat dari unsur . . . .
A.        ilmiah
B.        relevan
C.        sistemis dan sistematik
D.        konsisten

28.   Tujuan pembelajaran Penjasorkes tidak hanya bersentuhan dengan ranah keterampilan saja, melainkan juga meliputi aspek pengetahuan, dan pembentukan sikap, untuk itu komponen silabus yang dituliskan hendaknya juga mencakup keseluruhan ranah kompetensi tersebut (kognitif, afektif, psikomotor). Hal ini merupakan prinsip pengembangan silabus dilihat dari unsur . . . .
A.        menyeluruh
B.        relevan
C.        fleksibel
D.        konsisten

29.   Rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar disebut . . . .
A.        standar kompetensi mata pelajaran
B.        indikator pencapaian pembelajaran
C.        silabus
D.        rencana pelaksanaan pembelajaran

30.   PP No 19 Tahun 2005 Pasal 20; menyatakan bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya . . . .
A.        tujuan, materi ajar, metode, sumber
B.        materi, metode, sumber, penilaian
C.        metode, sumber, penilaian, tujuan
D.        tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar

31.   Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan. Hal ini merupakan prinsip pengembangan silabus dilihat dari unsur . . . .
A.        ilmiah
B.        relevan
C.        sistemis dan sistematik
D.        konsisten

32.   Kegiatan penyusunan RPP didasari dengan landasan teoretik yang benar, melalui tahapan yang seharusnya ditempuh, dan hasil yang diperoleh dapat diterapkan dalam pengalaman nyata di sekolah. Hal ini merupakan prinsip pengembangan RPP dilihat dari unsur . . . .
A.        ilmiah
B.        relevan
C.        fleksibel
D.        konsisten

33.   Jenis olahraga terdiri dari olahraga prestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga rekreasi, pembagian jenis tersebut merupakan muatan dari….
A.        PP No. 19 Th 2005 Pasal 17 Ayat (2)
B.        UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
C.        UU No. 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional
D.        Permendiknas No. 41 Th 2007

34.   Terkait dengan pengembangan kurikulum, tugas utama guru penjasorkes adalah mengembangkan….
A.        dokumen I kurikulum
B.        dokumen II kurikulm
C.        visi, misi, tujuan sekolah
D.        kurikulum secara utuh

35.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat komponen berikut ini, kecuali….
A.        kompetensi dasar
B.        tujuan pembelajaran
C.        indikator 
D.        strategi pembelajaran

36.   Rencana pelaksanaan pembelajaran paling tidak memuat: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar, namun demikian hal penting yang tidak boleh ditinggalkan adalah adanya….
A.        standar kompetensi
B.        materi pokok/pembelajaran
C.        langkah-langkah pembelajaran
D.        alokasi waktu

37.   Perbedaan yang terlihat jelas pada standar kompetensi dan kompetensi dasar pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dalam lampiran standar isi pendidikan dasar dan menengah adalah….
A.        adanya materi pembelajaran bola besar pada Sekolah Dasar
B.        adanya aktivitas ritmik pada Sekolah Menengah Pertama
C.        dihapusnya aktivitas pendidikan luar kelas pada Sekolah Menengah Pertama
D.        penekanan pada pengembangan pola gerak dasar pada Sekolah Dasar

38.   Unsur langkah-langkah pembelajaran yang tertuang dalam RPP adalah….
A.        identitas, sandar kompetensi, kompetensi dasar
B.        indikator, tujuan, metode
C.        kegiatan awal, inti, akhir
D.        kegiatan awal, inti, akhir,evaluasi, sumber belajar

39.   Dokumen II (kedua) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, memuat….
A.        visi dan misi sekolah
B.        silabus dan rpp
C.        jam pembelajaran efektif
D.        kalender pendidikan selama satu tahun

40.   Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mengikuti langkah-langkah yang sistematis dengan didahului kegiatan….
A.        memilih standar kompetensi dan kompetensi dasar
B.        mengembangkan indikator
C.        menentukan tujuan
D.        menentukan sumber, bahan, dan alat.

41.  Pada saat-saat tertentu rumusan indikator sama dengan tujuan pembelajaran , hal ini dikarenakan.
A.        Indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi.
B.        Indikator cukup jelas
C.        Indikator masih perlu penjabaran
D.        Indikator perlu dirinci lagi

42.   Penjabaran silabus dan RPP termuat dalam standar proses pendidikan yang tertuang dalam….
A.        Permendiknas No. 22 Tahun 2005
B.        Permendiknas No. 41 Tahun 2007
C.        Permendiknas No. 16 Tahun 2008
D.        Permendiknas No. 19 Tahun 2008
                                           

43.   Merumuskan kegiatan awal, inti, dan akhir merupakan rincian dari pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada komponen….
A.        standar kompetensi
B.        materi pokok/pembelajaran
C.        langkah-langkah pembelajaran
D.        alokasi waktu

v                44. Penjelasan secara rinci mengenai konsep pengembangan silabus antara lain:
A.        Landasan pengembangan silabus, prinsip pengembangan silabus.
B.        komponen silabus, format silabus, tahapan pengembangan silabus.
C.        langkah-langkah pengembangan silabus
D.        Jawaban A, B,C benar

v   Kategori-kategori keputusan itu diorganisasikan atau disusun di dalam perangkat yang memberikanrangkaian keputusan-keputusan dalam berbagai transaksi belajar mengajar.
A.        pra-pertemuan (pre-impact),
B.        selama pertemuan (impact)
C.        pasca pertemuan (post-impact),
D.        a,b,c bener semua

v . Perangkat kedua adalah…..
A.        meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum berhadapan di        antara guru dan siswa.
B.        meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat selama penampilan atau  pelaksanaan tugas.
C.        meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat yang berkaitan dengan  evaluasi pelaksanaan dan feedback kepada siswa.
D.        meliputi keputusan – keputusan yang diambil oleh guru

v  .      Perangkat ketiga adalah….
A.        meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum berhadapan di        antara guru dan siswa.
B.        meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat selama penampilan atau  pelaksanaan tugas.
C.        meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat yang berkaitan dengan  evaluasi pelaksanaan dan feedback kepada siswa.
D.        meliputi keputusan – keputusan yang diambil oleh guru

v    Seorang guru dituntut untuk menguasai kompetensi secara konsep mengenai pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, namun yang lebih penting adalah:
A.        Konsep tersebut diejawantahkan dalam bentuk keterampilan
B.        Menerapkannya dalam pembelajaran di sekolah
C.        Membawa pengetahuan dan keterampilan ini dalam kehidupan nyata
D.        Sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari
                           
v    Pendidikan Karakter Budaya Bangsa dapat dimasukkan di silabus /RPP dapat melalui :
A.      Meyisipkan
B.      Memaksakan
C.      Mengintegrasikan
D.      Mengiterogasikan

vDengan kata lain, ketiga perangkat dalam gaya mengajar / model Mosston dapat dikatakan sebagai
A.        tahap perencanaan;
B.        tahap pelaksanaan; dan 
C.        tahap akhir
D.        a, b dan c benar semua

v. Gaya penemuan terpimpin (konvergen) dan gaya Divergen (berlainan), yang penekanannya terpusat pada perkembangan …….. Mosston menyatakan bahwa dengan menggunakan strategi-strategi mengajar tersebut ini, maka kita telah melampaui “ambang penemuan”.
A.        Psikomotor
B.        Lokomotor
C.        Kognitif
D.        Afektif

v. Pemilihan model pengajaran yang sesuai dengan kondisi dan situasi lingkungan itu sering disebut model pengajaran refleksi atau dikenal dengan model ……………..
A.        pendekatan modifikasi.
B.        resiprokal
C.        komando
D.        divergen

vDalam gaya mengajar ………. tanggung jawab memberikan umpan balik bergeser dari guru ke teman sebaya. Pergeseran peranan ini memungkinkan: Peningkatan interaksi sosial antara teman sebaya dan umpan balik langsung.
A.        resiprokal
B.        komando
C.        latihan
D.        periksa sendiri

vGaya mengajar ………… merupakan suatu bentuk pemecahan masalah. Dalam gaya ini siswa memperoleh kesempatan untuk mengambil keputusan mengenai suatu tugas yang khusus di dalam pokok bahasan. Gaya ini memungkinkan jawaban-jawaban pilihan.
A.        resiprokal
B.        komando
C.        periksa sendiri
D.        divergen

vDalam Gaya ………. lebih banyak keputusan yang digeser ke siswa. Kepada siswa diberikan keputusan sesudah pertemuan, untuk menilai penampilannya.
A.        resiprokal
B.        latihan
C.        periksa sendiri
D.        divergen

v   Atletik adalah olahraga yang sangat populer dan mendunia. Terjemahan dari atletik itu sendiri adalah:
A.       Track and event
B.       Track and Field
C.       Action of Show
D.      Fitness and Fit

v   Berikut ini adalah pernyataan yang benar tentang atletik:
A.        Atletik adalah cabang olahraga yang paling populer di Indonesia
B.        Sebagai cabang olahraga yang paling bergengsi dan diminati oleh masyarakat Indonesia
C.        Sebagai dasar dari atlet yang akan memilih cabang olahraga tertentu
D.        Atletik adalah merupakan induk dari semua cabang olahraga

v   Mother of Sport adalah sebutan lain dari olahraga atletik, alasanya adalah:
A.        Atletik adalah olahraga yang paling unggul dan bergengsi dimata dunia.
B.        Cabang olahraga atletik didalamnya terdiri dari unsur jalan, lari, lompat dan lempar yang kesemuanya merupakan dasar yang diperlukan dalam cabang olahraga lain
C.        Merupakan induk dari olahraga tertentu yang yang diperlukan sebagai dasar atau fondasinya
D.        Unsur yang ada dalam olahraga atletik merupakan refleksi dari olahraga yang dipertandingkan

v   Pengertian dari Lari adalah:
A.        Gerakan langkah kaki ke segala arah yang dilakukan  sedemikian rupa sehingga ada saat tubuh melayang di udara/kedua kaki lepas dari tanah
B.        Gerakan langkah kaki ke segala arah yang dilakukan sedemikian rupa dengan tetap menjaga kaki kontak dengan tanah
C.        Gerakan langkah kaki secepat mungkin sehingga dapat lebih cepat mencapai tujuan
D.        Gerakan melayang diudara dengan frekuensi langkah kaki yang cepat secara bertahap dan menimbulkan akselerasi yang tepat


v   Pergelangan kaki sepak ditekuk ke bawah dan diputar ke dalam.  Selanjutnya, bola ditendang dengan punggung kaki bagian luar. Gerakan ini merupakan gerak menendang bola dengan menggunakan . . . .
A.        kaki bagian dalam
B.        kaki bagian luar
C.        punggung kaki bagian dalam
D.        punggung kaki bagian luar
                                                  
v   Kaki yang digunakan untuk menghentikan bola diputar ke luar, sehingga kaki bagian dalam menghadap ke arah datangnya bola. Gerakan ini merupakan gerak menghentikan bola dengan menggunakan . . . .
A.        kaki bagian dalam
B.        kaki bagian luar
C.        kura-kura kaki
D.        paha
v   Awalan, kaki lurus dengan bola, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan jari kaki menghadap ke depan dan lutut sedikit ditekuk. Gerakan ini merupakan gerak menendang bola dengan menggunakan. . . .
A.        kaki bagian dalam
B.        kaki bagian luar
C.        punggung kaki bagian dalam
D.        punggung kaki bagian luar

v   Kaki sepak diayunkan dari belakang di depan dengan membentuk suatu lingkaran.  Bagian punggung kaki sebelah dalam yang kontak dengan bola. Gerakan ini merupakan gerak menendang bola dengan menggunakan . . . .
A.        kaki bagian dalam
B.        kaki bagian luar
C.        punggung kaki bagian dalam
D.        punggung kaki bagian luar

v   Ketika bola akan kontak dengan kaki, maka kaki diturunkan dan pemain berusaha menghentikan bola pada kura-kura kaki. Gerakan ini merupakan gerak menghentikan bola dengan menggunakan . . . .
A.        kaki bagian dalam
B.        kaki bagian luar
C.        kura-kura kaki
D.        paha

v   Dribbling bola dengan cara memindahkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan disebut
A.       In and out dribble
B.       Cross over dribble
C.      Back dribble
D.      Speed dribble

v   Kesalahan umum dalam melakukan dribbling ( menggirinng bola dalam bola basket) adalah
A.        badan condong ke depan.
B.        salah satu kaki berada di depan
C.        pandangan kearah depan
D.        pergelangan tangan menepuk bola

v   Kesalahan umum dalam melakukan dribbling passing dada adalah
A.        Salah satu kaki berada di depan
B.        Adanya gerak lanjut
C.        Arah bola kearah perut lawan
D.        Pandangan kea rah depan

v   Konsep dasar dalam melakukan spike adalah sebagai berikut :
A.        Awalan, tolakan, gerakan memukul dan mendarat.
B.        Awalan, perkenaan dengan bola, mendarat.
C.        Awalan, tolakan, melompat, melakukan smash.
D.        Awalan, tolakan, melompat, gerakan memukul dan mendarat.

v   Dalam perkembangannya permainan bolavoli mengalami beberapa perubahan, yang menyangkut beberapa hal pokok, kecuali :
A.        peraturan pertandingan
B.        teknik
C.        peraturan permainan
D.        sarana dan perlengkapan

v   Apa yang dimaksud dengan libero dalam permainan bola voli ?
A.        pemain yang bertugas mengumpan bola dari belakang.
B.        pemain yang oleh regunya dinilai memiliki keahlian khusus dalam menerima sentuhan pertama dari serangan lawan.
C.        pemain yang selalu melakukan smash di belakang garis serang.
D.        pemain yang yang fungsinya mengatur serangan.

v   Kesalahan umum yang sering terjadi dalam melakukan passing bawah adalah….
A.        kedua tangan lurus
B.        kaki mengeper
C.        pandangan ke arah bola
D.        tangan dibengkokkan

v   Mengembangkan silabus pembelajaran sepakbola dilakukan dengan merencanakan penyusunan, melaksanakan, melakukan uji kelayakan, perbaikan, mengujicobakan silabus, perbaikan, dan dilakukan . . . .
A.        musyawarah guru mata pelajaran
B.        guru teman sejawat
C.        guru yang bersangkutan
D.        penilaian

v   Hal yang pertama yang harus dikuasai oleh guru terkait dengan pelaksanaan pembelajaran dalam permaianan sepakbola adalah  . . . .
A.        persiapan pembelajaran
B.        merencanakan proses pembelajaran
C.        menyusun program pembelajaran
D.        mengevaluasi proses pembelajaran

v   Dalam pelaksanaan proses pembelajaran sepakbola yang telah dilakukan kemudian dievaluasi dan keputusan-keputusan feedback  setelah guru melakukan..
A.        persiapan pembelajaran
B.        proses pembelajaran
C.        menyusun program pembelajaran
D.        mengevaluasi proses pembelajaran

v   Kegiatan yang pertama harus dilakukan oleh guru sebelum pelaksanaan suatu keputusan aktivitas pembelajaran sepakbola dibuat adalah  . . .
A.        pokok/bahasan pelajaran
B.        gaya mengajar
C.        tujuan/sasaran pelajaran
D.        lamanya waktu pembelajaran

v   Aspek-aspek kategori waktu pembelajaran yang harus dibuat dalam pelaksanaan pembelajaran sepakbola adalah  . . . .
A.        persiapan pembelajaran
B.        proses pembelajaran
C.        pengalokasian waktu pembelajaran
D.        memulai, kecepatan, lama proses, waktu berhenti, interval, waktu mengakhiri

v   Sikap kaki yang baik pada saat melakukan lemparan dengan tangan kanan adalah :
A.      terbuka lebar                                                      C.        di kanan di belakang tubuh
B.      kaki kanan di depan tubuh                            D.         kedua kaki rapat

v   Satu diantara yang menentukan suatu regu akan berganti bermain atau berganti jaga ditentukan dengan :
A.      pemain pemukul kena lemparan bola          C.        lamanya waktu bermain
B.      pemain menyentuh pos                                  D.        pemain keluar lapangan



v   Cara melakukan lemparan menyamping dalam permainan kippers adalah…
A.        Sikap kaki kuda-kuda, kaki kanan dan tangan kanan dengan memegang bola direntangkan ke kanan belakang agak ke atas
B.        condongkan badan ke depan, tangan kanan lebih ditarik ke belakang dan tangan kiri mengambil sikap keseimbangan
C.        tangan kanan lurus ke atas, kaki kiri relax berada di depan
D.        Ayunkan tangan kanan kuat ke depan dengan kaki kiri melangkah ke depan (sebagai gerak ikutan)

v   Tujuan utama dari permainan membuat kelompok adalah….
A.        melatih keterampilan bergerak
B.        melatih keterampilan lari dan kerjasama
C.        memupuk disiplin
D.        melatih kecepatan

v   Salah satu lingkup pembelajaran dalam program pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan adalah aktivitas pengembangan, unsur yang dikembangkan  dalam aspek pengembangan  adalah:
A.        daya tahan
B.        kelenturan
C.        kekuatan
D.        kebugaran

v   Kemampuan tubuh mengerahkan tenaga untuk menahan beban yang diberikan adalah:
A.        kekuatan
B.        kecepatan
C.        kelincahan
D.        daya tahan

v   Kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh secara bersamaan dengan padu padan adalah definisi dari:
A.      keseimbangan
B.      kordinasi
C.      kelincahan
D.      kekuatan

v   Berikut ini adalah faktor-faktor yang  mempengaruhi kebugaran fisik seseorang, kecuali:
A.        cuaca
B.        usia,
C.        lemak tubuh,
D.        tingkat aktivitas.

v   Komponen kebugaran dikelompokan menjadi dua, yang pertama kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan (physical fitness related health) dan kedua  Kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan (physical fitness related skill). dibawah ini adalah komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, kecuali:
A.        daya tahan jantung dan paru-paru (cardiorespiratory)
B.        komposisi tubuh (body composition)
C.        daya tahan otot (muscle endurance)
D.        daya ledak (explosive power),

v   Dalam permainan perlombaan naik kuda, bagian otot mana yangharus lebih kuat apabila berperan sebagai kuda!
A.        tangan
B.        kaki
C.        punggung
D.        lengan

v   Keterampilan yang melibatkan pengendalian atau kontrol terhadap obyek tertentu, terutama dengan menggunakan tangan atau kaki disebut………..
A.       keterampilan lokomotor
B.       keterampilan non lokomotor
C.      keterampilan manipulatif
D.      keterampilanstabilitas.
v   Analisis pengaruh  gerak lokomotor misalnya berlari komponen fisiknya adalah…………
A.        daya tahan,kecepatan
B.        power
C.        kelincahan
D.        kekuatan

v   Seorang guru mengajarkan peserta didik membungkuk,memutar, mengayun termasuk gerak dasar……..
A.        stabilitas
B.        lokomotor
C.        manipulasi
D.        non lokomotor

v   Gerakan lokomotor pada senam lantai adalah dibawah ini
A.       berguling ke depan dan belakang
B.       kuda-kuda pelana
C.      sikap lilin
D.      kayang

v   Di bawah ini adalah limgkup aktivitas ritmik dalam kurikulum pendidikan jasmani, kecuali:
A.       SPI
B.       SKJ
C.      Senam Aerobik
D.      Senam artistic

v   Kegiatan yang melibatkan proses berfikir dan bertindak dengan menggunakan gerakan-gerakan tertentu secara  berturut–turut dan teratur dinamakan
A.       Senam aerobik
B.       Aktivitas ritmik
C.      Senam artistik
D.      Senam Pagi Indonesia


v   Berdasarkan musik standar yang digunakan untuk mengiringi gerakan senam aerobik. Berapa  ketukan atau hitungan paling banyak   yang terdapat pada satu blok musik.
A.        4 hitungan
B.        8 hitungan
C.        16 hitungan
D.        32 hitungan

v    Gerak dasar aerobik yang berguna untuk melatih otot dan persendian bahu adalah:
A.        Bicep curl
B.        Jumping jack
C.        Shoulder press up
D.        Grapevine

v   Gerakan  dalam senam aerobik yang dilakukan dengan intensitas tinggi tetapi kedua kaki atau salah satu kaki tetap berhubungan dengan lantai disebut
A.        Low Impact
B.        Mix Impact
C.        High Impact
D.        Low impact High Intensity

v   Bagi peserta didik pemula, maka pengenalan air dalam pembelajaran aktivitas air memiliki tujuan. Berikut yang bukan menjadi tujuan pembelajaran …….
A.        Agar peserta didik mengetahui dan dapat merasakan adanya perbedaan bergerak di darat dengan di dalam air.
B.        Agar peserta didik dapat mengetahui dan merasakan pengaruh air terhadap keseimbangan tubuh dan gerak.
C.        Menjadikan peserta didik mengalami kepanikan dan ketakutan
D.        Memupuk rasa keberanian siswa, menghilangkan rasa takut terhadap air, dan memupuk rasa percaya diri.



v. Berenang gaya bebas/crawl dengan posisi telungkup sambil meluncur rileks, maka akan nampak secara berurutan pola gerakan:
A.        pernafasan, koordinasi tangan-kaki, gerakan mengayun kaki, dan gerakan mengayuh tangan
B.        koordinasi tangan-kaki, gerakan mengayun kaki, gerakan mengayuh tangan, pernafasan
C.        gerakan tangan, gerakan kaki, pernafasan, dan koordinasi tangan-kaki,
D.        gerakan mengayun kaki, gerakan mengayuh tangan, koordinasi tangan-kaki, dan pernafasan.

v   Gerakan mengayun kaki dalam renang gaya bebas, dicirikan dengan beberapa kriteria. Berikut yang bukan merupakan kriteria tersebut...
A.        Pada saat tumit mencapai permukaan, gerakan dilakukan sampai ke atas permukaan air hingga lutut membentuk siku dan lanjutan dengan ayunan kaki kembali ke bawah
B.        Pergelangan kaki lemas hingga telapak kaki berayun tepat pada pergelangan kaki.
C.        Tekanan air diakibatkan oleh ayunan bagian punggung telapak kaki sehingga kaki menjadi lurus.
D.        Lutut harus berhenti bergerak ke bawah pada kedalaman sekitar 23 centimeter, dan bagian bawah kaki, pergelangan telapak kaki harus terus bergerak ke bawah sampai lutut menjadi lurus.

v   Lingkungan  hidup manusia  dapat dibeda-bedakan menurut kegunaannya, antara lain yang di bawah ini, kecuali .......:
A.        Lingkunga kerja. Misalnya perkantoran , pabrik-pabrik , usaha pertanian, peternakan, pertambangan,  perikanan
B.        Lingkungan belajar: misalnya kampus sekolah, kampus perguruan tinggi, tempat kursus, dan tempat-tempat latihan belajar  dan lain-lain
C.        Lingkungan sarana umum. Misalnya :pasar, warung dan restoran, stasiun , pelabuhan , tempat-tempat rekreasi...
D.        Lingkungan ruang angkasa


v   Letak ideal suatu bangunan sekolah tertulis di bawah ini, kecuali :
A.        Dekat dengan perumahan
B.        Dekat dengan jalan Tol
C.        Dekat dengan tanah lapangan
D.        Jauh dari daerah pembuangan sampah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar