Soal Penjaskes
kurikulum 2013 A
1. Pendidikan yang sesuai
dengan kebutuhan masa depan hanya akan dapat terwujud apabila terjadi
pergeseran .
. . .
A.
perubahan
kebutuhan
B.
perubahan pola pikir
C.
perubahan
daya nalar
D.
perubahan tingkah laku
2. tuntutan zamanPengembangan
kurikulum perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik
tantangan internal maupun tantangan eksternal. Tantangan internal terkait
dengan kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan . . . .
A.
Standar
kompetensi lulusan
B.
Standar
proses
C.
Standar
penilaian
D.
Delapan standar nasional pendidikan
3. Pengembangan kurikulum
perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan
internal maupun tantangan eksternal. Tantangan eksternal terkait dengan kondisi
pendidikan dikaitkan dengan tuntutan . . . . .
A.
pemenuhan
tenaga pendidik dan kependidikan
B.
pemenuhan
sarana dan prasarana pendidikan
C.
tantangan masa depan
D.
terpenuhinya
pengelolaan pendidikan yang baik
4. Perumusan SKL dalam
kurikulum 2013 diturunkan dari . . . .
A.
kebutuhan
B.
standar
kompetensi
C.
kompetensi
dasar
D.
kompetensi
inti
5. Kurikulum berbasis
kompetensi adalah outcomes-based
curriculum dan oleh karena itu pengembangan kurikulum diarahkan pada
pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari . . . .
A.
standar
nasional pendidikan
B.
tujuan
pendidikan nasional
C.
standar kompetensi lulusan
D.
standar inti
6. Pada Kurikulum 2013,
penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan standar kompetensi lulusan
berdasarkan kesiapan peserta didik, tujuan pendidikan nasional, dan . . . .
A. kebutuhan B. kompetensi inti
C. indikator pencapaian
kompetensi D. materi pembelajaran
7. Landasan yang mengarahkan
kurikulum kepada manusia apa yang akan dihasilkan kurikulum merupakan landasan . . . .
A.
filosofis
dan landasan yuridis
B.
empiric
dan landasan teoritik
C.
filosofis dan landasan empirik
D.
filosofis
dan teoritik
8. Landasan teoritik yang
memberikan dasar-dasar teoritik pengembangan
kurikulum sebagai . . . .
A.
dokumen
dan proses
B.
dokumen
dan penilaian
C.
proses
dan penilaian
D.
dokumen, proses dan penilaian
9. Pendidikan jasmani memiliki berbagai pengertian menurut
pandangan berbagai ahli maupun organisasi. Pengertian pendidikan jasmani pada
prinsipnya berupa….
A.
pendidikan olahraga yang dilakukan
oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang
sesuai dengan kondisi dan nilai budaya
B.
pendidikan olahraga yang membina
dan mengembangkan olahragawan secara terencana benjenjang dan berkelanjutan
C.
pendidikan olahraga yang dilakukan
atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga
D.
bagian intergral dari
pendidikan secara umum, yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk
mengembangkan dan meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler,
persepsual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sisitem pendidikan nasional
10. Pernyataan mengenai pendidikan jasmani yang sesuai dengan
yang dikembangkan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah….
A.
bagian integral dari pendidikan
secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu
secara organik, dan neuromuskular
B.
bagian parsial dari pendidikan
secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu
secara intelektual, dan sosial
C.
bagian parsial dari pendidikan
secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan meningkatkan individu
secara organik, dan neuromuskular, intelektual, dan sosial
D.
bagian integral
dari pendidikan secara umum, berupa aktivitas jasmani, yang bertujuan
meningkatkan individu secara organik, neuromuskular, intelektual, dan social
11. Pengertian olahraga pendidikan menurut UU No. 3 tahun 2005
tentang Sistem Keolahragaan Nasional, adalah….
A.
pendidikan secara keseluruhan yang
bertujuan untuk mengembangkan individu secara organis, neuromuskuler,
intelektual dan emosional melalui aktivitas jasmani
B.
pendidikan jasmani
dan olahraga yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang teratur
dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan,
kesehatan dan kebugaran jasmani
C.
olahraga yang membina dan
mengembangkan olahraga secara terencana, berjenjang dan berkelanjutan melalui
kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan
teknologi keolahragaan
D.
pendidikan jasmani dan olahraga
kompetitif yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang teratur dan
berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan,
kesehatan dan kebugaran jasmani
12. Tujuan pendidikan jasmani
yang salah di bawah ini adalah...
A.
mencapai prestasi olahraga yang inggi di event
resmi seperti PON
B.
meletakan landasan yang kuat melalui internalisasi nilai
dalam penjas
C.
mampu mengisi waktu luang dengan aktivitas jasmani yang
bersifat rekreatif
D.
menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui tugas-tugas
pembelajaran pendidikan jasmani
13. Dibawah ini
aspek/ranah yang tidak termasuk dalam
penyampaian materi pendidikan jasmni adalah . . . .
A.
kognitif (pengetahuan/pemahaman)
B.
afektif (sikap)
C.
lokomotor (gerak dasar)
D.
psikomotor (keterampilan gerak)
14. Ciri pembeda antara pendidikan jasmani, dan olahraga
kompetitif antara lain….
A.
pendidikan jasmani menitikberatkan
pada sistem penilaian final score, sedangkan
olahraga kompetitif gain score
B.
pendidikan jasmani
memiliki fokus orientasi pada anak (child
oriented), sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan (subject oriented)
C.
pendidikan jasmani membentuk
individu sesuai dengan kebutuhan fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga
kompetitif tidak
D.
olahraga kompetitif selalu
dipertandingkan, sedangkan pendidikan jasmani tidak boleh sama sekali ada
pertandingan
15. Pengertian
pendidikan kesehatan dibawah ini yang benar adalah:
A.
suatu upaya pendidikan untuk mencapai kesehatan
lingkungan
B.
pendidikan yang mengutamakan kesehatan
C.
upaya mempelajari bagaimana menciptakan kesehatan diri
D.
suatu upaya atau kegiatan untuk mencipkatan
perilaku masyarakat (di sekolah, anak
didik) yang kondusif untuk kesehatan
16. Perbedaan yang nyata antara
pendidikan jasmani, dan pendidikan kesehatan adalah….
A.
pendidikan
jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final score, sedangkan pendidikan kesehatan tidak
B.
pendidikan jasmani memiliki fokus pada materi kebugaran jasmani
terkait dengan kesehatan dan keterampilan, sedangkan pendidikan kesehatan pada
materi kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan saja
C.
pendidikan
jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan aktivitas pengisian waktu
luang saja dan keterampilan psikomotorik, sedangkan pendidikan kesehatan tidak
D.
pendidikan
jasmani tidak dapat mengembangkan kesehatan, sedangkan pendidikan kesehatan
sebaliknya
17. Dalam kenyataannya
pendidikan kesehatan disekolah bertujuan untuk membangun karakter anak didik
supaya...
A.
menambah atau memperkaya pengetahuan kesehatan
B.
memiliki dan menerapkan
budaya hidup sehat
C.
mendapatkan pelayanan kesehatan
D.
menambah sikap hidup yang kreatif dan sosial
18. Kegiatan jasmani
dilakukan mengandung unsur
permainan, perjuangan atau kompetisi baik dengan diri sendiri, orang lain
maupun alam dan dilakukan secara sportif dan fair, merupakan ciri umum dari….
A.
pendidikan olahraga
B.
pendidikan jasmani
C.
penjasorkes
D.
olahraga kompetitif
19
Pola gerak
yang diidentifikasikan
sebagai keterampilan memainkan objek
dengan menggunakan anggota badan, disebut:...
A.
lokomotor
B.
nonlokomotor
C.
manipulatif
D.
motorik.
20.
Pola gerak yang diidentifikasikan sebagai keterampilan berpindahnya individu dari satu
empat ke tempat yang lain disebut...
A.
lokomotor
B.
nonlokomotor
C.
manipulatif
D.
motorik
21. Contoh permainan kecil yang dapat digunakan
untuk pengembangan pola gerak dasar manipulatif adalah….
A.
gobak
sodor
B.
hitam
- hijau
C.
bola
tembak
D.
menjala
ikan
22.
Bentuk pembelajaran lempar tangkap pada penjasorkes merupakan salah satu
bentuk pembelajaran untuk mengembangkan gerak dasar:
A.
lokomotor
B.
nonlokomotor
C.
motorik
D.
manipulatif
23. Seorang guru mengajarkan peserta didik berjalan, berlari,
dan melompat ke berbagai arah maka pola gerak dasar yang dikembangkan adalah….
A.
manipulatif
B.
lokomotor
C.
stabilisasi
D.
non lokomotor.
24. Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan
kesehatan mengharapkan dampak berupa dampak utama (main effect), maupun dampak pengiring (nurturanteffect). Dari materi permainan kecil
dan tradisional yang diajarkan pada
suatu proses pembelajaran, dampak utama yang diharapkan adalah….
A.
berkembangnya
pola gerak dasar
B.
berkembangnya
pola pikir secara kognitif
C.
berkembangnya
pola perilaku afektif
D.
berkembangnya
pola permainan
25. Permainan tradisionalsebagai materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas
permainan dan olahraga dilakukan terutama untuk pengembangan….
A.
gerak spesialis
B.
produk gerak
C.
fungsi
gerak
D.
teknik gerak
26. Silabus merupakan
penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok,
kegiatan pembelajaran, dan . . . .
A.
perencanaan
pembelajaran
B.
pelaksanaan
pembelajaran
C.
evaluasi pembelajaran
D.
indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian
27. Silabus yang dikembangkan
memiliki kesesuaian dengan mata pelajaran, materi pokok yang akan diajarkan,
serta kebutuhan peserta didik. Hal ini merupakan prinsip pengembangan silabus
dilihat dari unsur . . . .
A.
ilmiah
B.
relevan
C.
sistemis
dan sistematik
D.
konsisten
28. Tujuan pembelajaran
Penjasorkes tidak hanya bersentuhan dengan ranah keterampilan saja, melainkan
juga meliputi aspek pengetahuan, dan pembentukan sikap, untuk itu komponen
silabus yang dituliskan hendaknya juga mencakup keseluruhan ranah kompetensi
tersebut (kognitif, afektif, psikomotor). Hal ini merupakan prinsip
pengembangan silabus dilihat dari unsur . . . .
A.
menyeluruh
B.
relevan
C.
fleksibel
D.
konsisten
29. Rencana pembelajaran pada
suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar
kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan
sumber belajar disebut . . . .
A.
standar
kompetensi mata pelajaran
B.
indikator
pencapaian pembelajaran
C.
silabus
D.
rencana pelaksanaan pembelajaran
30. PP No 19 Tahun 2005 Pasal
20; menyatakan bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan
rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya . . . .
A.
tujuan,
materi ajar, metode, sumber
B.
materi,
metode, sumber, penilaian
C.
metode,
sumber, penilaian, tujuan
D.
tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar,
dan penilaian hasil belajar
31. Keseluruhan materi dan
kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggung
jawabkan secara keilmuan. Hal ini merupakan prinsip pengembangan silabus
dilihat dari unsur . . . .
A.
ilmiah
B.
relevan
C.
sistemis
dan sistematik
D.
konsisten
32. Kegiatan penyusunan RPP
didasari dengan landasan teoretik yang benar, melalui tahapan yang seharusnya
ditempuh, dan hasil yang diperoleh dapat diterapkan dalam pengalaman nyata di
sekolah. Hal ini merupakan prinsip pengembangan RPP dilihat dari unsur . . . .
A.
ilmiah
B.
relevan
C.
fleksibel
D.
konsisten
33. Jenis olahraga terdiri dari
olahraga prestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga rekreasi, pembagian jenis
tersebut merupakan muatan dari….
A.
PP
No. 19 Th 2005 Pasal 17 Ayat (2)
B.
UU
No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
C.
UU No. 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional
D.
Permendiknas
No. 41 Th 2007
34. Terkait dengan pengembangan
kurikulum, tugas utama guru penjasorkes adalah mengembangkan….
A.
dokumen
I kurikulum
B.
dokumen II kurikulm
C.
visi,
misi, tujuan sekolah
D.
kurikulum
secara utuh
35. Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat komponen berikut ini, kecuali….
A.
kompetensi
dasar
B.
tujuan
pembelajaran
C.
indikator
D.
strategi pembelajaran
36. Rencana pelaksanaan
pembelajaran paling tidak memuat:
tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar,
dan penilaian hasil belajar, namun demikian hal penting yang tidak boleh
ditinggalkan adalah adanya….
A.
standar
kompetensi
B.
materi
pokok/pembelajaran
C.
langkah-langkah pembelajaran
D.
alokasi
waktu
37. Perbedaan yang terlihat
jelas pada standar kompetensi dan kompetensi dasar pada Sekolah Dasar dan
Sekolah Menengah Pertama dalam lampiran standar isi pendidikan dasar dan
menengah adalah….
A.
adanya
materi pembelajaran bola besar pada Sekolah Dasar
B.
adanya
aktivitas ritmik pada Sekolah Menengah Pertama
C.
dihapusnya
aktivitas pendidikan luar kelas pada Sekolah Menengah Pertama
D.
penekanan pada pengembangan pola gerak dasar pada Sekolah Dasar
38. Unsur langkah-langkah
pembelajaran yang tertuang dalam RPP adalah….
A.
identitas,
sandar kompetensi, kompetensi dasar
B.
indikator,
tujuan, metode
C.
kegiatan awal, inti, akhir
D.
kegiatan
awal, inti, akhir,evaluasi, sumber belajar
39. Dokumen II (kedua)
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, memuat….
A.
visi
dan misi sekolah
B.
silabus dan rpp
C.
jam
pembelajaran efektif
D.
kalender
pendidikan selama satu tahun
40. Penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran mengikuti langkah-langkah yang sistematis dengan
didahului kegiatan….
A.
memilih standar kompetensi dan kompetensi dasar
B.
mengembangkan
indikator
C.
menentukan
tujuan
D.
menentukan
sumber, bahan, dan alat.
41. Pada saat-saat tertentu
rumusan indikator sama dengan tujuan pembelajaran , hal ini dikarenakan.
A.
Indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi.
B.
Indikator
cukup jelas
C.
Indikator
masih perlu penjabaran
D.
Indikator
perlu dirinci lagi
42. Penjabaran silabus dan RPP
termuat dalam standar proses pendidikan yang tertuang dalam….
A.
Permendiknas
No. 22 Tahun 2005
B.
Permendiknas No. 41 Tahun 2007
C.
Permendiknas
No. 16 Tahun 2008
D.
Permendiknas
No. 19 Tahun 2008
43. Merumuskan kegiatan awal,
inti, dan akhir merupakan rincian dari pengembangan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) pada komponen….
A.
standar
kompetensi
B.
materi
pokok/pembelajaran
C.
langkah-langkah pembelajaran
D.
alokasi
waktu
v 44. Penjelasan secara rinci mengenai
konsep pengembangan silabus antara lain:
A.
Landasan
pengembangan silabus, prinsip pengembangan silabus.
B.
komponen
silabus, format silabus, tahapan pengembangan silabus.
C.
langkah-langkah
pengembangan silabus
D.
Jawaban A, B,C benar
v Kategori-kategori keputusan itu
diorganisasikan atau disusun di dalam perangkat yang memberikanrangkaian
keputusan-keputusan dalam berbagai transaksi belajar mengajar.
A.
pra-pertemuan
(pre-impact),
B.
selama
pertemuan (impact)
C.
pasca
pertemuan (post-impact),
D.
a,b,c bener semua
v . Perangkat kedua adalah…..
A.
meliputi
keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum berhadapan di antara guru dan siswa.
B.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat selama penampilan
atau pelaksanaan tugas.
C.
meliputi
keputusan-keputusan yang harus dibuat yang berkaitan dengan evaluasi pelaksanaan dan feedback
kepada siswa.
D.
meliputi
keputusan – keputusan yang diambil oleh guru
v . Perangkat ketiga adalah….
A.
meliputi
keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum berhadapan di antara guru dan siswa.
B.
meliputi
keputusan-keputusan yang harus dibuat selama penampilan atau pelaksanaan tugas.
C.
meliputi keputusan-keputusan yang harus dibuat yang berkaitan
dengan evaluasi pelaksanaan dan feedback
kepada siswa.
D.
meliputi
keputusan – keputusan yang diambil oleh guru
v Seorang guru dituntut untuk
menguasai kompetensi secara konsep mengenai pengembangan silabus dan rencana
pelaksanaan pembelajaran, namun yang lebih penting adalah:
A.
Konsep
tersebut diejawantahkan dalam bentuk keterampilan
B.
Menerapkannya dalam pembelajaran di sekolah
C.
Membawa
pengetahuan dan keterampilan ini dalam kehidupan nyata
D.
Sebagai
budaya dalam kehidupan sehari-hari
v Pendidikan Karakter Budaya
Bangsa dapat dimasukkan di silabus /RPP dapat melalui :
A. Meyisipkan
B. Memaksakan
C. Mengintegrasikan
D. Mengiterogasikan
vDengan kata lain, ketiga
perangkat dalam gaya mengajar / model Mosston dapat dikatakan sebagai
A.
tahap
perencanaan;
B.
tahap
pelaksanaan; dan
C.
tahap
akhir
D.
a, b dan c benar semua
v. Gaya penemuan terpimpin
(konvergen) dan gaya Divergen (berlainan), yang penekanannya terpusat pada
perkembangan …….. Mosston menyatakan bahwa dengan menggunakan strategi-strategi
mengajar tersebut ini, maka kita telah melampaui “ambang penemuan”.
A.
Psikomotor
B.
Lokomotor
C.
Kognitif
D.
Afektif
v. Pemilihan
model pengajaran yang sesuai dengan kondisi dan situasi lingkungan itu sering
disebut model pengajaran refleksi atau dikenal dengan model ……………..
A.
pendekatan modifikasi.
B.
resiprokal
C.
komando
D.
divergen
vDalam gaya mengajar ……….
tanggung jawab memberikan umpan balik bergeser dari guru ke teman sebaya.
Pergeseran peranan ini memungkinkan: Peningkatan interaksi sosial antara teman
sebaya dan umpan balik langsung.
A.
resiprokal
B.
komando
C.
latihan
D.
periksa
sendiri
vGaya mengajar …………
merupakan suatu bentuk pemecahan masalah. Dalam gaya ini siswa memperoleh
kesempatan untuk mengambil keputusan mengenai suatu tugas yang khusus di dalam
pokok bahasan. Gaya ini memungkinkan jawaban-jawaban pilihan.
A.
resiprokal
B.
komando
C.
periksa
sendiri
D.
divergen
vDalam Gaya ………. lebih
banyak keputusan yang digeser ke siswa. Kepada siswa diberikan keputusan
sesudah pertemuan, untuk menilai penampilannya.
A.
resiprokal
B.
latihan
C.
periksa sendiri
D.
divergen
v
Atletik adalah olahraga yang sangat
populer dan mendunia. Terjemahan dari atletik itu sendiri adalah:
A.
Track and event
B.
Track and Field
C.
Action of Show
D.
Fitness and Fit
v
Berikut ini
adalah pernyataan yang benar tentang atletik:
A.
Atletik adalah
cabang olahraga yang paling populer di Indonesia
B.
Sebagai cabang olahraga yang paling
bergengsi dan diminati oleh masyarakat Indonesia
C.
Sebagai dasar dari atlet yang akan
memilih cabang olahraga tertentu
D.
Atletik adalah merupakan
induk dari semua cabang olahraga
v
Mother of Sport adalah
sebutan lain dari olahraga atletik, alasanya adalah:
A.
Atletik adalah olahraga yang paling unggul dan bergengsi
dimata dunia.
B.
Cabang olahraga atletik didalamnya terdiri dari
unsur jalan, lari, lompat dan lempar yang kesemuanya merupakan dasar yang
diperlukan dalam cabang olahraga lain
C.
Merupakan induk dari olahraga tertentu yang yang diperlukan
sebagai dasar atau fondasinya
D.
Unsur yang ada dalam olahraga atletik merupakan refleksi
dari olahraga yang dipertandingkan
v
Pengertian dari Lari adalah:
A.
Gerakan langkah kaki ke
segala arah yang dilakukan sedemikian
rupa sehingga ada saat tubuh melayang di udara/kedua kaki lepas dari tanah
B.
Gerakan
langkah kaki ke segala arah yang dilakukan sedemikian rupa dengan tetap menjaga
kaki kontak dengan tanah
C.
Gerakan
langkah kaki secepat mungkin sehingga dapat lebih cepat mencapai tujuan
D.
Gerakan
melayang diudara dengan frekuensi langkah kaki yang cepat secara bertahap dan
menimbulkan akselerasi yang tepat
v Pergelangan kaki sepak
ditekuk ke bawah dan diputar ke dalam.
Selanjutnya, bola ditendang dengan punggung kaki bagian luar. Gerakan
ini merupakan gerak menendang bola dengan menggunakan . . . .
A.
kaki
bagian dalam
B.
kaki
bagian luar
C.
punggung
kaki bagian dalam
D.
punggung kaki bagian luar
v Kaki
yang digunakan untuk menghentikan bola diputar ke luar, sehingga kaki bagian
dalam menghadap ke arah datangnya bola. Gerakan ini merupakan gerak menghentikan bola dengan
menggunakan . . . .
A.
kaki bagian dalam
B.
kaki
bagian luar
C.
kura-kura
kaki
D.
paha
v Awalan, kaki lurus dengan
bola, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan jari kaki menghadap ke depan
dan lutut sedikit ditekuk. Gerakan ini merupakan gerak menendang bola dengan
menggunakan. . . .
A.
kaki bagian dalam
B.
kaki
bagian luar
C.
punggung
kaki bagian dalam
D.
punggung
kaki bagian luar
v Kaki sepak
diayunkan dari belakang di depan dengan membentuk suatu lingkaran. Bagian punggung kaki sebelah dalam yang
kontak dengan bola. Gerakan ini merupakan gerak menendang bola dengan
menggunakan . . . .
A.
kaki bagian dalam
B.
kaki bagian luar
C.
punggung kaki bagian dalam
D.
punggung kaki bagian luar
v Ketika
bola akan kontak dengan kaki, maka kaki diturunkan dan pemain berusaha
menghentikan bola pada kura-kura kaki. Gerakan ini merupakan gerak menghentikan bola dengan menggunakan
. . . .
A.
kaki
bagian dalam
B.
kaki
bagian luar
C.
kura-kura kaki
D.
paha
v Dribbling
bola dengan cara memindahkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan disebut
A.
In and out dribble
B.
Cross over dribble
C.
Back
dribble
D.
Speed
dribble
v Kesalahan umum dalam
melakukan dribbling ( menggirinng bola dalam bola basket) adalah
A.
badan
condong ke depan.
B.
salah
satu kaki berada di depan
C.
pandangan
kearah depan
D.
pergelangan tangan menepuk bola
v Kesalahan umum dalam
melakukan dribbling passing dada adalah
A.
Salah
satu kaki berada di depan
B.
Adanya
gerak lanjut
C.
Arah bola kearah perut lawan
D.
Pandangan
kea rah depan
v Konsep
dasar dalam melakukan spike adalah sebagai berikut :
A.
Awalan, tolakan, gerakan memukul dan mendarat.
B.
Awalan, perkenaan dengan bola, mendarat.
C.
Awalan, tolakan, melompat, melakukan smash.
D.
Awalan, tolakan, melompat, gerakan memukul dan
mendarat.
v Dalam
perkembangannya permainan bolavoli mengalami beberapa perubahan, yang
menyangkut beberapa hal pokok, kecuali :
A.
peraturan pertandingan
B.
teknik
C.
peraturan permainan
D.
sarana dan perlengkapan
v Apa yang
dimaksud dengan libero dalam permainan bola voli ?
A.
pemain yang bertugas mengumpan bola dari belakang.
B.
pemain yang oleh regunya dinilai memiliki
keahlian khusus dalam menerima sentuhan pertama dari serangan lawan.
C.
pemain yang selalu melakukan smash di belakang garis
serang.
D.
pemain yang yang fungsinya mengatur serangan.
v Kesalahan
umum yang sering terjadi dalam melakukan passing bawah adalah….
A.
kedua tangan lurus
B.
kaki mengeper
C.
pandangan ke arah bola
D.
tangan dibengkokkan
v Mengembangkan silabus
pembelajaran sepakbola dilakukan dengan merencanakan penyusunan, melaksanakan,
melakukan uji kelayakan, perbaikan, mengujicobakan silabus, perbaikan, dan
dilakukan .
. . .
A.
musyawarah
guru mata pelajaran
B.
guru
teman sejawat
C.
guru
yang bersangkutan
D.
penilaian
v Hal yang pertama yang harus
dikuasai oleh guru terkait dengan pelaksanaan pembelajaran dalam permaianan
sepakbola adalah . . . .
A.
persiapan pembelajaran
B.
merencanakan
proses pembelajaran
C.
menyusun
program pembelajaran
D.
mengevaluasi
proses pembelajaran
v Dalam pelaksanaan proses
pembelajaran sepakbola yang telah dilakukan kemudian dievaluasi dan
keputusan-keputusan feedback setelah guru melakukan..
A.
persiapan
pembelajaran
B.
proses pembelajaran
C.
menyusun
program pembelajaran
D.
mengevaluasi
proses pembelajaran
v Kegiatan yang pertama harus
dilakukan oleh guru sebelum pelaksanaan suatu keputusan aktivitas pembelajaran
sepakbola dibuat adalah . . .
A.
pokok/bahasan
pelajaran
B.
gaya
mengajar
C.
tujuan/sasaran pelajaran
D.
lamanya
waktu pembelajaran
v Aspek-aspek kategori waktu
pembelajaran yang harus dibuat dalam pelaksanaan pembelajaran sepakbola adalah . . . .
A.
persiapan
pembelajaran
B.
proses
pembelajaran
C.
pengalokasian
waktu pembelajaran
D.
memulai, kecepatan, lama proses, waktu berhenti, interval, waktu
mengakhiri
v Sikap kaki yang baik pada
saat melakukan lemparan dengan tangan kanan adalah :
A.
terbuka lebar C. di kanan di belakang tubuh
B.
kaki kanan di depan tubuh D. kedua
kaki rapat
v Satu diantara yang menentukan
suatu regu akan berganti bermain atau berganti jaga ditentukan dengan :
A. pemain pemukul kena lemparan bola C. lamanya
waktu bermain
B. pemain
menyentuh pos D. pemain keluar lapangan
v Cara melakukan
lemparan menyamping dalam permainan kippers adalah…
A.
Sikap kaki kuda-kuda, kaki kanan dan tangan kanan dengan
memegang bola direntangkan ke kanan belakang agak ke atas
B.
condongkan badan ke depan, tangan kanan lebih ditarik ke
belakang dan tangan kiri mengambil sikap keseimbangan
C.
tangan kanan lurus ke atas, kaki kiri relax berada di depan
D.
Ayunkan tangan kanan kuat ke depan dengan kaki kiri melangkah ke
depan (sebagai gerak ikutan)
v Tujuan utama dari permainan
membuat kelompok adalah….
A.
melatih
keterampilan bergerak
B.
melatih keterampilan lari dan kerjasama
C.
memupuk
disiplin
D.
melatih
kecepatan
v Salah satu lingkup
pembelajaran dalam program pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan adalah
aktivitas pengembangan, unsur yang dikembangkan
dalam aspek pengembangan adalah:
A.
daya
tahan
B.
kelenturan
C.
kekuatan
D.
kebugaran
v Kemampuan tubuh mengerahkan
tenaga untuk menahan beban yang diberikan adalah:
A.
kekuatan
B.
kecepatan
C.
kelincahan
D.
daya
tahan
v Kemampuan untuk
menggerakkan anggota tubuh secara bersamaan dengan padu padan adalah definisi
dari:
A.
keseimbangan
B.
kordinasi
C.
kelincahan
D.
kekuatan
v Berikut ini adalah
faktor-faktor yang mempengaruhi
kebugaran fisik seseorang, kecuali:
A.
cuaca
B.
usia,
C.
lemak
tubuh,
D.
tingkat
aktivitas.
v Komponen kebugaran
dikelompokan menjadi dua, yang pertama kebugaran yang berhubungan dengan
kesehatan (physical fitness related health) dan kedua Kebugaran yang berhubungan dengan
keterampilan (physical fitness related skill). dibawah ini adalah komponen kebugaran
yang berhubungan dengan kesehatan, kecuali:
A.
daya
tahan jantung dan paru-paru (cardiorespiratory)
B.
komposisi
tubuh (body composition)
C.
daya
tahan otot (muscle endurance)
D.
daya ledak (explosive power),
v Dalam permainan perlombaan
naik kuda, bagian otot mana yangharus lebih kuat apabila berperan sebagai kuda!
A.
tangan
B.
kaki
C.
punggung
D.
lengan
v Keterampilan yang
melibatkan pengendalian atau kontrol terhadap obyek tertentu, terutama dengan
menggunakan tangan atau kaki disebut………..
A.
keterampilan
lokomotor
B.
keterampilan
non lokomotor
C.
keterampilan manipulatif
D.
keterampilanstabilitas.
v Analisis pengaruh gerak lokomotor misalnya berlari komponen
fisiknya adalah…………
A.
daya tahan,kecepatan
B.
power
C.
kelincahan
D.
kekuatan
v Seorang guru mengajarkan
peserta didik membungkuk,memutar, mengayun
termasuk gerak dasar……..
A.
stabilitas
B.
lokomotor
C.
manipulasi
D.
non lokomotor
v Gerakan lokomotor pada
senam lantai adalah dibawah ini
A.
berguling ke depan dan belakang
B.
kuda-kuda
pelana
C.
sikap
lilin
D.
kayang
v
Di
bawah ini adalah limgkup aktivitas ritmik dalam kurikulum pendidikan jasmani,
kecuali:
A.
SPI
B.
SKJ
C.
Senam
Aerobik
D.
Senam artistic
v
Kegiatan
yang melibatkan proses berfikir dan bertindak dengan menggunakan
gerakan-gerakan tertentu secara
berturut–turut dan teratur dinamakan
A.
Senam
aerobik
B.
Aktivitas ritmik
C.
Senam
artistik
D.
Senam
Pagi Indonesia
v Berdasarkan musik standar
yang digunakan untuk mengiringi gerakan senam aerobik. Berapa ketukan atau hitungan paling banyak yang terdapat pada satu blok musik.
A.
4
hitungan
B.
8
hitungan
C.
16
hitungan
D.
32 hitungan
v Gerak dasar aerobik yang berguna untuk melatih
otot dan persendian bahu adalah:
A.
Bicep
curl
B.
Jumping
jack
C.
Shoulder press up
D.
Grapevine
v Gerakan dalam senam aerobik yang dilakukan dengan
intensitas tinggi tetapi kedua kaki atau salah satu kaki tetap berhubungan
dengan lantai disebut
A.
Low
Impact
B.
Mix
Impact
C.
High
Impact
D.
Low impact High Intensity
v Bagi peserta didik pemula,
maka pengenalan air dalam pembelajaran aktivitas air memiliki tujuan. Berikut
yang bukan menjadi tujuan pembelajaran …….
A.
Agar
peserta didik mengetahui dan dapat merasakan adanya perbedaan bergerak di darat
dengan di dalam air.
B.
Agar
peserta didik dapat mengetahui dan merasakan pengaruh air terhadap keseimbangan
tubuh dan gerak.
C.
Menjadikan peserta didik mengalami kepanikan dan ketakutan
D.
Memupuk
rasa keberanian siswa, menghilangkan rasa takut terhadap air, dan memupuk rasa
percaya diri.
v. Berenang gaya bebas/crawl dengan posisi telungkup sambil
meluncur rileks, maka akan nampak secara berurutan pola gerakan:
A.
pernafasan, koordinasi tangan-kaki,
gerakan mengayun kaki, dan gerakan mengayuh tangan
B.
koordinasi tangan-kaki, gerakan
mengayun kaki, gerakan mengayuh tangan, pernafasan
C.
gerakan tangan, gerakan kaki,
pernafasan, dan koordinasi tangan-kaki,
D.
gerakan mengayun kaki,
gerakan mengayuh tangan, koordinasi tangan-kaki, dan pernafasan.
v Gerakan mengayun kaki dalam renang gaya bebas, dicirikan dengan beberapa
kriteria. Berikut yang bukan
merupakan kriteria tersebut...
A.
Pada saat tumit mencapai permukaan, gerakan dilakukan sampai ke atas
permukaan air hingga lutut membentuk siku dan lanjutan dengan ayunan kaki
kembali ke bawah
B.
Pergelangan kaki lemas hingga telapak
kaki berayun tepat pada pergelangan kaki.
C.
Tekanan air diakibatkan oleh ayunan
bagian punggung telapak kaki sehingga kaki menjadi lurus.
D.
Lutut harus berhenti bergerak ke bawah
pada kedalaman sekitar 23 centimeter, dan bagian bawah kaki, pergelangan
telapak kaki harus terus bergerak ke bawah sampai lutut menjadi lurus.
v Lingkungan hidup manusia
dapat dibeda-bedakan menurut kegunaannya, antara lain yang di bawah ini,
kecuali .......:
A.
Lingkunga kerja. Misalnya perkantoran , pabrik-pabrik ,
usaha pertanian, peternakan, pertambangan,
perikanan
B.
Lingkungan belajar: misalnya kampus sekolah, kampus
perguruan tinggi, tempat kursus, dan tempat-tempat latihan belajar dan lain-lain
C.
Lingkungan sarana umum. Misalnya :pasar, warung dan
restoran, stasiun , pelabuhan , tempat-tempat rekreasi...
D.
Lingkungan ruang
angkasa
v Letak ideal suatu
bangunan sekolah tertulis di bawah ini, kecuali :
A.
Dekat dengan perumahan
B.
Dekat dengan jalan Tol
C.
Dekat dengan tanah lapangan
D.
Jauh dari daerah pembuangan sampah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar